Sukses

Diduga Depresi, Papa Muda di Sukabumi Nekat Potong Alat Kelamin

Keluarga menemukan pemuda ini bersimbah darah di kamar mandi dengan alat kelamin yang sudah terputus.

Liputan6.com, Sukabumi - Entah apa yang ada dalam benak Suryaman (26). Warga Dusun Cibinong, Desa Cijulang, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat itu nekat memotong kelaminnya sendiri hingga putus.

"Benar-benar putus. Ini saya baru pulang mengantar korban dan orangtuanya ke rumah sakit," kata Kepala Dusun Cibinong, Sukabumi, Emis Misdan Mulyadi kepada Liputan6.com melalui sambungan telepon, Rabu, 29 November 2017.

Aksi nekat dilakukan Suryaman di kamar mandi rumah orangtuanya, di Desa Padabeunghar, Kecamatan Jampang Tengah, sekitar pukul 06.30 WIB. Awalnya, Suryaman hanya pamit untuk sekadar membersihkan badan.

Rupanya, Suryaman sudah berencana memotong kelamin. Ia membawa kapak kecil, batu, dan tali ke dalam kamar mandi.

Sebelum dipotong, ucap Misdan, Suryaman mengikat kelamin dengan seutas tali. Batu yang dia bawa ke dalam kamar mandi digunakan sebagai pemberat dengan cara diikatkan ke tali pengikat kelamin.

"Langsung ditebas menggunakan kapak kecil," kata Misdan menuturkan pengakuan Suryaman.

Suara jeritan kesakitan Suryaman terdengar oleh anggota keluarga lainnya. Mereka mendapati Suryaman dalam kondisi bersimbah darah di kamar mandi. Dia pun segera dilarikan ke Puskesmas Bojonglopang, Sukabumi.

"Korban dan potongan kelaminnya langsung dibawa ke Puskesmas Bojonglopang, sebelum dirujuk ke RS Sekarwangi," kata Misdan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernah Berupaya Bunuh Diri

Sebelum memotong kelaminnya, kondisi kejiwaan Suryaman memang tidak stabil. Terkadang, dia marah meledak-ledak, sering pula hanya berdiam diri tak banyak bicara.

"Kesehariannya kerja serabutan, kayak  (buruh) bangunan atau apa saja, " kata Misdan.

Misdan belum mengetahui alasan pasti yang mendasari Suryaman melakukan aksi nekat tersebut. Hanya saja, korban kerap menunjukkan perilaku tidak biasa sejak masih lajang.

Pria yang memiliki satu istri dan anak itu pernah nekat berupaya bunuh diri. Untung saja, aksi nekat Suryaman mengakhiri hidup saat itu berhasil digagalkan.

"Itu waktu masih lajang, kata keluarga sempat mau bunuh diri," tutur Misdan.

Hingga malam ini, Suryaman sudah ditangani di RSUD Sekarwangi Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Dokter berupaya mengobati luka di bagian kelamin yang dipotong.

"Sudah diinfus dan dikasih obat penenang," kata Misdan. 

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.