Sukses

Kisah Haru Adik Kakak di Makassar Bergantian Seragam ke Sekolah

Ketika ditanya sang guru mengapa tak memakai seragam, Rehan menangis karena seragamnya masih basah setelah dipakai adiknya.

Liputan6.com, Jakarta Pernah menonton film berjudul "Children of Heaven"? Film produksi negara Iran tersebut sangat menyentuh hati penonton melalui kisah dua bersaudara yang harus bergantian sepatu setiap ke sekolah karena tak ingin menyusahkan kedua orangtuanya yang tidak memiliki penghasilan tetap.

Kisah serupa terjadi di Kota Makassar. Karena hidup dalam garis kemiskinan dan memiliki keterbatasan dana, adik kakak, Bayu dan Rehan, yang tinggal di sebuah gubuk berukuran 3x3 meter persegi di Jalan Sepakat, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, terpaksa harus bergantian seragam ketika hendak ke sekolah.

"Tak ada uang lebih untuk belikan mereka masing-masing seragam sehingga hanya bergantian ketika ke sekolah. Untuk asap dapur saja susah," kata Jumriah ibu kedua bersaudara itu saat ditemui digubuknya, Senin, 27 November 2017.

Selama suaminya, Daeng Rangga menderita sakit strok dan hanya menjalani perawatan digubuk kecilnya tersebut, Jumriah menjadi satu-satunya tumpuan hidup keluarga dengan menawarkan jasa mencuci pakaian keliling.

"Tapi karena zaman sekarang sudah banyak laundry, jadi panggilan cuci pakaian kadang ada, kadang juga sama sekali tak ada," keluh Jumriah.

Untuk membantu perekonomian keluarga, kedua buah hatinya, Rehan yang duduk di bangku kelas 6 SD Baraya 3 Makassar dan adiknya, Bayu yang duduk di bangku kelas 4 SD Baraya Makassar itu terpaksa mencari tambahan dengan ikut memulung usai pulang sekolah.

"Rehan dan Bayu biasanya ke tempat penampungan pemulung bantu memilah-milah bahan bekas di sana," ujar Jumriah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Guru Olahraga Unggah Kondisi Rehan Dan Bayu di Media Sosial

Terusik dengan kondisi Rehan dan Bayu yang merupakan muridnya tersebut, Fatma yang merupakan guru olahraga di SD Baraya 3 Makassar itu kemudian mencoba meluapkan rasa harunya melalui unggahan di akun media sosial Facebook miliknya.

Fatma mengetahui kondisi miris muridnya tersebut bermula saat ia menegur Rehan karena dia satu-satunya murid yang tidak mengenakan seragam olahraga pada saat pelajaran olahraga berlangsung.

Saat ia tanya ke Rehan mengapa tidak mengenakan seragam olahraga, Rehan lalu menangis dan mengakui seragam olahraganya basah karena dicuci. Seragam itu habis dipakai oleh adiknya, Bayu.

Kisah haru mengenai kondisi Rehan dan Bayu yang diunggah Fatma itu, akhirnya menggugah hati seorang legislator DPRD Kota Makassar asal fraksi Demokrat, Basdir. Dia mencari tahu alamat Rehan dan Bayu. Akhirnya, ia pun menemui kediaman adik kakak itu.

Dengan mata berkaca-kaca, Basdir pun memeluk kedua bersaudara itu dan memberikannya seragam sekolah yang selama ini menjadi impiannya. Keduanya pun turut bahagia mendapatkan seragam sekolah lengkap pemberian dari Basdir.

Di hadapan Rehan dan Bayu, anggota Komisi D DPRD Makassar itu pun menyemangati keduanya agar tetap semangat untuk terus bersekolah demi mengejar masa depan yang baik.

Basdir pun mengungkapkan kisah yang sama saat dia juga masih duduk di bangku SD. Basdir mengaku pernah berada pada kondisi yang sama dengan Rehan dan Bayu. Keluarganya terbilang miskin, tetapi ia tetap memaksa kedua orangtuanya untuk menyekolahkannya.

"Saya dulu kalau pulang sekolah, pergi keliling jual sembarang, biasa es lilinnya orang, nasi bungkus, dan semacamnya. Nah, sekarang bisa juga jadi anggota DPRD. Jadi sekolah baik-baik yah, Nak," kata Basdir sambil menepuk bahu Rehan yang duduk tepat di sampingnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.