Sukses

Asyik Jajan di Warung, 9 Wisatawan Tertimpa Dahan Beringin Tua

Empat di antara korban cedera yang tertimpa dahan pohon beringin tua di Mojokerto, Jawa Timur, adalah anak-anak.

Liputan6.com, Mojokerto - Sebuah dahan pohon beringin raksasa di objek wisata Sumber Tuwuri, Dusun Tuwiri, Desa Seduri, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, patah dan menimpa sembilan wisatawan yang sedang asyik jajan di warung pada Minggu pagi tadi. Empat di antara korban cedera adalah anak-anak.

Selain itu, dahan berdiameter 1,2 meter dan panjang sekitar 20 meter yang patah tersebut juga merusak empat buah warung, empat sepeda motor, dan tiga sepeda. Menurut warga sekitar, pohon beringin raksasa itu sudah berusia 250 tahun.

Abduk Rois (46), saksi mata, menceritakan sebelum dahan dari pohon utama setinggi 30 meter dan berdiameter tiga meter itu patah, tidak ada terpaan angin kencang. Namun, dia mendengar ada suara seperti kayu patah. Ia pun secara spontan meneriaki para wisatawan untuk berhati-hati.

"Ada suara 'kratak gitu, terus saya teriak agar menghindar. Enggak lama, dahannya patah dan langsung runtuh," ucap Rois, Minggu (26/11/2017).

Empat motor yang rusak tertimpa dahan tersebut adalah milik para penjual kue keliling, yang salah satunya menjajakan jajanan sosis milik Rois.

Sementara itu, kesembilan korban langsung dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD dr Soekandar, Mojosari, untuk perawatan intensif. Mereka mengalami luka di bagian kepala, kaki dan tangan.

Salah satu korban, Suryani (32), menuturkan dia bersama suami dan dua anaknya sengaja datang untuk menghabiskan hari libur. Sesaat sebelum dahan beringin patah, ia duduk di sekitar lokasi Sumber Tuwiri sambil melihat kedua anaknya jajan sosis.

"Waktu ada suara 'kratak-kratak' itu saya sudah panik, tidak lama kok jatuh. Saya terkena ranting sedikit, tapi saya lebih khawatir anak saya, jadi saya langsung cari," tutur Suryani.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Anak Juga Terluka

Adapun dari hasil pemeriksaan, tiga di antara sembilan korban tertimpa dahan beringin itu mengalami cedera otak ringan. Sebab, kepalanya tertimpa dahan yang patah.

"Masih kami observasi, tunggu ya," tutur dokter jaga UGD, dr Masrida Fatmawati.

Berikut nama-nama korban yang tertimpa dahan patah pohon beringin raksasa tersebut:

1. Ezy Bagus Hendratno (11), asal Desa/Kecamatan Mojosari. Memar di bagian kelopak mata kanan dan lecet di bagian mata kiri.

2. Mujiono (42) asal Prambon, Sidoarjo. Patah tulang terbuka di jari dua tangan kanan dan trauma di pinggang.

3. Rohmad Saiin (52), pedagang kue leker asal Mojosari. Robek di bibir dan mata, empat gigi depan atas patah, dan lecet di wajah.

4. Bagus (13), pengunjung asal Mojosari, luka lecet di lutut dan lengan.

5. Samsul Wahid (38), pengunjung asal Mojosari, luka robek di bibir atas.

6. Istri Wahid, Suryani (32), pengunjung asal Mojosari, luka terbuka di kepala belakang, cedera otak, dan luka robek di telapak kaki kanan.

7. Putri dari Wahid, Tiara (10), pengunjung asal Mojosari, cedera otak, bengkak di kepala belakang dan depan, pingsan dan muntah-muntah.

8. Putri dari Wahid, Zaskia Khaira (3,5), pengunjung asal Mojosari, luka lecet di dada kanan sepanjang dua centimeter dan bengkak pipi kiri.

9. Muhammad Arif (13), pengunjung asal Mojosari, luka lecet di bagian lengan kanan, perut, dan kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.