Sukses

Selamat Pagi Ubur-Ubur dari Pulau Kakaban

Ada sejumlah lokasi menarik di Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan, yang sayang jika terlewati.

Liputan6.com, Berau - Tidak begitu jauh dari Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur, terdapat sebuah pulau cantik tak berpenduduk. Pulau itu adalah Pulau Kakaban. Meski suasana di pulau ini sangat sepi, tetapi para pengunjung bisa menikmati berbagai spot menarik. Salah satunya danau ubur-ubur.

Dari bibir pantai, pengunjung berjalan mendaki sekitar satu kilometer menuju danau air asin ini. Namun, setelah menuruni sejumlah anak tangga, pengunjung langsung disambut hamparan ubur-ubur yang asyik bersantai di tepian danau. Ubur-ubur itu seakan memanggil pengunjung untuk berenang bersama mereka.

Dengan perlengkapan menyelam dan pelampung yang disediakan agen wisata, pengunjung bisa merasakan sensasi berenang bersama hewan lunak tersebut.

"Awalnya geli, tapi lama-lama menikmati," ujar Denoan Rinaldi, salah seorang wisatawan asal Jakarta.

Danau ubur-ubur, Pulau Kakaban. (Liputan6.com/Ramdania El Hida)

Biasanya, ubur-ubur berenang di tengah danau Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan ini. Ada beberapa jenis ubur-ubur yang berada di danau ini, seperti yang berselaput cokelat dan transparan.

Para pengunjung tidak perlu khawatir tersengat ubur-ubur. Pasalnya, kebanyakan ubur-ubur di danau ini tidak menyengat. Namun, yang perlu dihindari ubur-ubur yang berselaput transparan. Meski begitu, sengatan ubur-ubur ini tidak akan membuat celaka.

Danau ubur-ubur, Pulau Kakaban. (Liputan6.com/Ramdania El Hida)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sensasi Melompat dari Ketinggian di Halo Tabung

Haloooooooo...... Suara para pengunjung yang cukup nyali bergema ketika tubuh mereka terhempas dari ketinggian lima meter. Halo Tabung, begitu nama salah satu lokasi di Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.

Halo Tabung berupa gua, dengan lubang di atasnya. Para pengunjung bisa masuk ke gua ini dengan melompat dari atas tebing atau menuruni tangga.

Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang, gunakan pelampung. Pasalnya, kedalaman laut di bawah gua ini cukup dalam, yakni sekitar 24 meter.

Menikmati sensasi melompat dari mulut gua di Halo Tabung, Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan. (Liputan6.com/Ramdania El Hida)

3 dari 3 halaman

Tenangnya Suasana di Kehe Daing

Seperti arti namanya, Kehe Daing merupakan lubang ikan. Namun, bukan lubang ikan biasa, Kehe Daing ini berupa laguna cantik dengan air laut yang berwarna toska.

Pengunjung bisa santai mengelilingi laguna jika air tidak sedang pasang. Jika beruntung, kalian bisa menemukan ikan-ikan kecil yang tengah bermain di laguna itu.

Kehe Daing yang berarti lubang ikan ini merupakan laguna cantik di Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan. (Liputan6.com/Ramdania El Hida)

Karena tidak ada penduduk yang tinggal di sekitarnya, suasana di Kehe Daing sangat sunyi. Hanya deburan ombak dari pinggir pantai menemani pengunjung menikmati keindahan laguna.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.