Sukses

Ninik Mamak Menanti Jokowi di Kampung Seribu Rumah Gadang

Jokowi direncanakan berkunjung ke Sumatera Barat pada Desember nanti. Para ninik mamak berharap Presiden berkunjung ke rumah gadang.

Liputan6.com, Padang Aro - Presiden Joko Widodo diharapkan bersedia meletakkan batu pertama rencana restorasi 40 rumah adat Minangkabau atau Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria menyebutkan, daerah itu mendapat bantuan restorasi 40 rumah gadang yang berada di kawasan destinasi wisata kampung adat Seribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu.

Bantuan restorasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) ini direncanakan dilaksanakan pada Desember 2017.

"Tim dari Kemenpupera sudah datang ke Koto Baru. Semoga bulan Desember telah bisa dilaksanakan," ujarnya di Padang Aro, Senin (20/11/2017), dilansir Antara.

Ia menyebutkan Menteri Pupera menjanjikan peletakan batu pertama restorasi tersebut dilakukan oleh Presiden Jokowi. Rencananya, Jokowi akan berkunjung ke Sumbar pada Desember nanti.

"Kita akan mengambil momen itu agar Presiden bisa meletakkan batu pertama rencana restorasi dan peresmian jalur pendakian Gunung Kerinci dari Solok Selatan," ujarnya.

Rencana restorasi tersebut, ujarnya, telah disetujui oleh para ninik mamak (tokoh adat) di Nagari Koto Baru. "Setelah kita lakukan sosialisasi, para ninik mamak menyambut baik rencana restorasi itu," ujarnya.

Ia menyebutkan para ninik mamak yang di Koto Baru memang telah memiliki keinginan untuk memperbaiki rumah gadang mereka, tetapi terbatas oleh kemampuan finansial. Bantuan dari Kemenpupera ini, kata dia, ibarat mimpi yang menjadi nyata dari keinginan para ninik mamak tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menanti Jokowi

Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Baru Jalaludin Dt Lelo Dirajo menyebutkan setelah dilakukan sosialisasi, KAN dan para ninik mamak di Koto Baru sepakat menerima bantuan tersebut.

"Kami harap nanti rumah gadang yang telah direstorasi itu bisa dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat," ujarnya.

Ia juga berharap, rencana kedatangan Presiden Jokowi untuk meletakkan batu pertama restorasi rumah gadang itu terwujud. "Kami harapkan Presiden Jokowi bisa meletakkan batu pertama sesuai dengan keinginan masyarakat Solok Selatan," ujarnya.

Terkait restorasi rumah gadang yang akan dilakukan secara gotong royong itu, Jalaludin menyebutkan para ninik mamak mendukung rencana itu. Selanjutnya, rumah Gadang di Kampung Adat Seribu Rumah Gadang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai homestay.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.