Sukses

'Jokowi' Hanya Duduk di Tribun Saat Upacara Hari Pahlawan

Usai upacara Hari Pahlawan di Surabaya, 'Jokowi' melayani warga yang ingin berswafoto dengannya.

Liputan6.com, Surabaya - Upacara peringatan Hari Pahlawan di Tugu Pahlawan Surabaya, Jumat (10/11/2017) dikagetkan dengan kedatangan Jokowi, tetapi versi KW. Reza Sri Mulyadi namanya.

"Lho ada presiden di Tugu Pahlawan, kok tidak di kursi kehormatan," ujar Tito, salah seorang peserta upacara yang tidak mengetahui bahwa yang dimaksudnya bukan Jokowi asli.

Pria tinggi kurus ini, jika dilihat sepintas memang mirip dengan Presiden Jokowi. Dia memilih tidak berbaur dengan pejabat maupun undangan yang hadir dan lebih memilih berada di pojok tribun sambil menebar senyum ketika pandangan mata tertuju padanya.

Ia mengaku sengaja datang di Tugu Pahlawan untuk melihat langsung lokasi sesungguhnya ketika pertempuran 10 November 1945.

"Tempat ini saksi sejarah dan memiliki nilai sejarah tinggi. Di sini putra-putri dari seluruh Tanah Air berkumpul dan bertempur melawan penjajah," tutur Jokowi KW.

Pria kelahiran Bandung ini juga berencana berziarah ke makam sang proklamator Bung Karno di Blitar dan Bung Tomo, usai mengikuti upacara hari pahlawan di Surabaya.

"Mumpung di sini nanti sekalian ke makam Bung Tomo," ujarnya.

Tidak jarang, peserta upacara yang hadir mengajaknya berswafoto. Layaknya seorang selebritas, ia meladeni dengan senyum ramah. Setelah upacara, Reza tampak bertemu dengan Gubernur Soekarwo dan Saifullah Yusuf Wakil Gubernur, serta menyempatkan diri foto.

Upacara Hari Pahlawan kali ini diikuti ribuan peserta dari berbagai organisasi, TNI/Polri dan mahasiswa, digelar tepat pukul 08.00 WIB dengan diawali pengibaran bendera merah putih.

Tepat pukul 08.15 WIB, gubernur selaku inspektur upacara mengajak mengheningkan cipta mendoakan arwah para pahlawan agar diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resepsi Kahiyang Ayu, 'Jokowi' Malah Sibuk Swafoto

Ribuan warga yang menghadiri prosesi perhelatan pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution memang tidak semua bisa masuk ke lokasi acara di Graha Saba Buawana, Rabu (8/11/2017).

Jadi jangankan bertemu Presiden Jokowi, mereka pun terpaksa berbaris di Jalan Letjen Suprapto, Solo, untuk menyaksikan dari jauh. Suasana nonton dari jauh itu mendadak riuh ketika "Jokowi" menghampiri warga dan relawan yang memadati sekitar lokasi akad nikah Kahiyang-Bobby.

Bukan Jokowi asli, ternyata ada dua Jokowi KW yang turut meramaikan perhelatan itu. Mereka tidak keberatan saat diajak berswafoto atau selfie.

Jokowi KW ini datang tentunya tidak dikawal Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Usut punya usut ternyata mereka bernama David Indrajaya, warga Gang Arkat, Jalan Sulaksana, Kota Bandung, dan Reza Srimulyadi.

Kehadiran David dan Reza pun langsung menarik perhatian. Keduanya sibuk melayani warga yang menunggu di pinggir Jalan Letjen Soeprapto berswafoto.

David yang menyebut dirinya Jokowi dari Cicadas, Bandung mengatakan sejak banyak yang tahu wajahnya mirip Pak Jokowi dirinya merasa lebih hoki atau beruntung.

"Lha, gimana saat saya diajak foto-foto di mal ada yang simpati dan nanya pekerjaan saya jawab kalau wiraswasta, malah ngasih order," ujar David.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.