Sukses

23 Fakta Seputar Pernikahan Kahiyang-Bobby

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution juga direncanakan menyelenggarakan resepsi di Medan.

Solo - Hari bahagia yang ditunggu-tunggu putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, akhirnya tiba. Rabu (7/11/2017), Kahiyang resmi dipersunting kekasihnya, Muhammad Bobby Afif Nasution.

Acara akad nikah dan resepsi berlangsung di Gedung Graha Saba Buana, Sumber, Banjarsari, Solo. Berikut 23 fakta seputar pernikahan putri semata wayang Presiden Jokowi tersebut.

1. Foto Prewedding

Lokasi: Candi Borobudur (Magelang), Situs Warung Boto, Umbulharjo (Jogja), Hyatt Regency Hotel (Sleman), dan Bali

2. Prosesi

Prosesi adat Jawa jangkep mulai wilujengan, siraman, midodareni, ijab kabul, panggih, hingga resepsi. (Baca: Foto-Foto Suasana Siraman hingga Midodareni Pernikahan Kahiyang-Bobby)

3. Tamu

Lebih dari 8.000 orang diundang dalam acara pernikahan akbar ini. Malam midodareni didatangi para sukarelawan Jokowi. Akad nikah Kahiyang-Bobby dengan tamu terbatas.

Resepsi siang pukul 11.00 WIB-13.00 WIB dihadiri tamu VIP dan VVIP seperti dari negara sahabat, perwakilan kedubes, Wapres, Ketua DPR, Ketua MPR, dan menteri, dan sebagainya. Resepsi malam pukul 18.30 WIB-21.00 WIB dihadiri tamu undangan umum dan sukarelawan Jokowi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akad Nikah Kahiyang Ayu-Bobby Nasution

4. Akad Nikah

Presiden Jokowi menikahkan sendiri putrinya dengan petugas Kepala KUA Banjarsari, Basir.

5. Saksi

Wapres Jusuf Kalla menjadi saksi dari mempelai perempuan, sementara Menko Perekonomian Darmin Nasution menjadi saksi dari mempelai laki-laki.

6. Pembaca doa nikah

Doa pernikahan akan dibacakan oleh Haidar Nasir.

7. MC atau Pambiwara

Ada lima orang dengan pembagian tugas sebagai berikut:– Widarsi Suranto (siraman dan malam midodareni)– Umijatsih (panggih dan resepsi siang)– Slamet Aby (akad nikah dan resepsi siang)– Sarie Nugraha (resepsi malam)– Tauviq M. Widodo (siraman pengantin pria di Hotel Alila dan resepsi malam).

8. Perias

Endang Soendari Soemaryono bertugas merias pengantin dengan gaya Solo Putri pada prosesi: siraman, malem midodareni, ijab panggih atau akad nikah, hingga resepsi.– Perias lain Sawaliyah Waloeyo, Conny Wulandari, Topobroto, dan Santi mendapat tugas merias keluarga inti presiden dan besan.

9. Makanan

Satai kere dari PKL Tugiyem di Jalan Arifin, Kelurahan Kepatihan Wetan, Jebres, Solo. Markobar menyediakan 1.100 loyang terdiri atas 600 loyang martabak manis delapan rasa antara lain cokelat, selai, green tea, dan parutan cokelat dan 500 loyang martabak telur krispi. Martabak dimasak di lokasi.Berbagai makanan lainnya seperti gudeg, setup makaroni, daging kambing, dan sebagainya.

3 dari 4 halaman

Busana Pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution

10. Busana

Busana untuk pernikahan Kahiyang-Bobby disediakan oleh Rumah Mode Chili Kebaya dan Tuty Adib.

11. Alas kaki

Rumah Sepatu Winna, Cinderejo Lor, menyiapkan selop untuk Kahiyang dan Bobby, Jokowi, dan anggota keluarga lainnya. Selop memakai bahan beludru dengan hiasan payet sederhana dan alas kaki berbahan imitasi warna emas.

Kahiyang memakai selop high heels setinggi 5 cm. Sedangkan selop milik Jokowi, dan putra-putranya berwarna hitam polos. Bahannya kulit sapi dengan alas beludru.

12. Dekorasi

Asmoro Decoration menyiapkan konsep gebyok dikolaborasikan warna putih dan merah marun ditambah unsur wayang agar kelihatan lebih bernuansa Jawa. Ruangan Graha Saba Buana juga akan dilengkapi banyak hiasan dari bahan bunga dari berbagai jenis, seperti casablanca, anggrek, mawar, hingga sedap malam.

13. Photo Booth

Ada dua photo booth di teras Graha Saba Buana dengan properti antik. Photo booth dilengkapi dua tokoh wayang Kamajaya dan Kamaratih yang menjadi simbol kesetiaan. (Baca: Perhatikan, Ini Rute Iring-Iringan Kereta Kencana Calon Suami Kahiyang)

14. Penerima Tamu

Saat resepsi, Lurah Sumber, Lurah Banyuanyar, Lurah Manahan, Kepala Bappeda dan mantan ajudan Jokowi menjadi among tamu. Sekitar 50 polwan dan prajurit TNI bertugas sebagai pagar ayu dengan memakai pakaian adat.

15. Hiburan

Band A and Friends akan menyajikan lagu-lagu berbahasa Jawa dikemas jaz seperti "Lungiting Asmara", "Yen Ing Tawang Ana Lintang", "Jaranan", "Gundul Pacul", dan "Penganten Anyar".  Musik gamelan yang dimainkan 50 seniman dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Ada dua gamelan: Gamelan Agung untuk di dalam ruangan serta Gamelan Carabalen untuk bagian luar gedung.

Sedikitnya 40 gending Jawa akan dimainkan antara lain Bondhet, Kaduk Rena, Menthok-Menthok, Cublak-Cublak Suweng, Lir-ilir, beberapa gubahan Ki Narta Sabda, dan garapan ISI Solo. Pertunjukan tari oleh 13 seniman dari ISI Solo meliputi tari Triasmoro, Gondokusumo, Serimpi, serta Langen Asmoro. Pada acara midodareni, hiburan musik keroncong.

4 dari 4 halaman

Pesta Pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Medan

16. Suvenir

Ada suvenir pada saat siraman, midodareni, maupun resepsi. Salah satunya kotak perhiasan dari kaca, model segienam dengan ukuran 11 cm x 12 cm dan model kotak ukuran 4 cm x 6 cm.

17. Pengamanan

Sebanyak 5.453 personel dari Kodam IV Diponegoro, Polda Jateng, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (DKK), Satpol PP, dan lainnya. Pengamanan dengan nama Operasi Bengawan Candi berlangsung pada 4-9 November– Pengamanan di ring satu Paspampres, pengamanan di ring dua dan ring tiga dari Kodam IV Diponegoro dan Polda Jateng, lainnya berjaga di parkir tamu dan kawasan lain.

18. Rekayasa Lalu Lintas

Saat prosesi serah terima paningset atau malam midodareni lalu lintas di sekitar kediaman direkayasa secara terbatas. Jalan Letjen Suprapto akan ditutup mulai pertigaan Masjid Mujahidin hingga pertigaan Warung Satai Dahlan, Sumber. Simpang lima Komplang Jalan Ki Mangun Sarkoro menuju traffic light Warung Satai Dahlan ditutup situasional. Rute angkutan berat dialihkan.

Rekayasa rute dari Solo sisi utara atau Purwodadi dialihkan, yakni dari Palang Joglo-Jalan Kolonel Sugiyono–pertigaan Cengklik-Jalan Letjen. Sutoyo-perempatan Ngemplak-Jalan Ahmad Yani-simpang Panggung-Jalan Urip Sumoharjo-perempatan Warung Pelem-pertigaan Balong-Jalan Kapten Mulyadi-perempatan Baturono-Jalan Veteran-pertigaan Tipes-Jalan Bhayangkara-perempatan dekat Mapolsek Laweyan-Jalan Dr. Radjiman-Jalan Agus Salim-Bundaran Purwosari-Jalan Slamet Riyadi-ke luar kota. (Baca: Hindari Macet saat Jokowi Mantu, Pengendara Diarahkan Lewat Tol Soker)

Pada hari pelaksanaan pernikahan, rute angkutan barang dari arah barat, timur, dan utara dialihkan sejak pukul 05.00 WIB.

19. Parkir

Kendaraan tamu VIP dan VVIP bisa parkir di sekitar Grha Saba Buana. Parkir kendaraan tamu setingkat bupati ke bawah di tiga tempat, yakni Gelora Manahan, Lapangan Sumber, Lapangan Banyuanyar, dan pertigaan Mujahidin- dealer Yamaha. Dari lokasi parkir, tamu diantar memakai shuttle bus dan becak.

20. Toilet Portabel

Disediakan di kantong parkir masing-masing dua toilet portabel.

21. Warung Makan

Selama acara pernikahan, warung makan di kawasan Graha Saba Buana tidak tutup, bisa melayani petugas maupun wartawan.

22. Paket Wisata

Tamu yang datang ke Solo bisa menikmati paket wisata bertemakan Nostalgia Jokowi yang disiapkan Solo Raya Consortium 2017. Tamu akan diajak untuk berkeliling ke tempat-tempat bersejarah sewaktu Joko Widodo menjabat sebagai Wali Kota Solo, seperti Loji Gandrung, Taman Banjarsari, Pasar Klithikan Semanggi, Pasar Gede, dan lain-lain.

23. Pesta di Medan

Digelar Jumat-Minggu (24-26/11/2017) dengan adat Tapanuli. Semua raja di Tapanuli akan diundang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.