Sukses

Pernikahan Kahiyang Ayu, Tol Soker Buka Sampai Sragen

Selain mengoptimalkan Tol Soker, polisi juga akan menerjunkan tim pengurai selama kepadatan pernikahan Kahiyang Ayu.

Solo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menikahkan putrinya Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution pada 8 November 2017. Salah satu persiapannya di sektor transportasi, seiring ribuan tamu yang akan membanjiri Solo, kota tempat hajatan.

Tol Solo-Kertosono (Soker) bakal dibuka saat pesta pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution. Rencananya, pembukaan Tol Soker dimulai pada Rabu 8 November 2017 pukul 05.00 WIB hingga hari berikutnya pukul 05.00 WIB. Adapun pembukaan Tol Soker akan diberlakukan mulai pintu masuk di Boyolali sampai Sragen.

"Pintu tol ada di Ngasem Kecamatan Colomadu hingga di Pungkruk, Kecamatan Sidoharjo, Sragen," kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Royke Lumowa usai memberikan arahan saat apel gelar pasukan operasi Bengawan Candi di Kompleks Stadion Manahan, Solo, Senin (6/11).

Pintu tol dari arah Barat tepat berada di sebelah Barat simpang empat Kartasura sampai Sragen. "Nanti diberlakukan dua arah, baik yang dari barat maupun yang dari timur," tambahnya.

Sementara terkait pengamanan jalan tol saat difungsikan nantinya, akan diterjunkan petugas untuk mengatur lalu lintas. Hal ini karena sepanjang jalur tersebut masih banyak perlintasan dan juga minimnya penerangan di sepanjang jalan.

"Nanti tetap akan kami siagakan personel dari Polda Jateng, karena memang penerangannya masih minim," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Karo Ops Polda Jateng Kombes Pol Hariyanto mengatakan, selain memfungsikan Tol Soker, pihaknya juga akan menerjunkan tim pengurai selama kepadatan pernikahan Kahiyang Ayu. "Karena lalu lintas ini paling urgen, jadi nanti kita juga akan menerjunkan tim pengurai," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pedagang Pasar Bancakan

Kebahagiaan atas pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution ternyata benar-benar dirasakan oleh warga Solo. Tidak hanya oleh warga kampung dan juga para pelajar, tetapi juga oleh para pedagang, buruh gendong yang ada di Pasar Legi, Solo.

Kegembiraan ini diluapkan dengan mengadakan tumpengan atau dalam bahasa Jawa "bancakan" yang diadakan di depan pintu Pasar Legi, Senin (6/1). Bancakan terdiri dari nasi kenduri dan juga beragam buah-buahan.

Para pedagang dan juga buruh gendong yang ada di Pasar Legi secara swadaya mengadakan bancakan. Ini sebagai wujud "mangayubagyo" pernikahan putri kedua Presiden Jokowi. Sebelum dibagikan kepada para warga pasar, tumpeng terlebih dahulu dibacakan doa.

Doa ini adalah harapan terkait gelaran pesta pernikahan Kahiyang-Bobby pada 8 November mendatang. Baru saja doa selesai dipanjatkan, nasi kenduri dan juga buah-buahan langsung ludes.

Salah satu pedagang sayuran, Santi (55) mengatakan, ini sebagai wujud syukur dan kebahagiaan atas pernikahan putri Presiden Jokowi. “Biar rumah tangganya langgeng, diberikan kebahagiaan, cepat dapat momongan,” terang Santi kepada JawaPos.com.

Hal yang sama dilakukan oleh Tri Hastuti (43), warga Pasarkliwon yang tidak sengaja datang ke Pasar Legi. “Saya tadi ke sini mau belanja, tetapi malah adanya syukuran, ya ikut ambil saja. Ini dapat nasi dan juga buah-buahan,” katanya.

Sementara itu, Lurah Pasar Legi, Marsono menambahka, kegiatan ini adalah spontanitas dari para warga pasar. Mulai dari pedagang, kuliangkut, kuli panggul dan juga yang lainnya. Untuk dananya juga dilakukan secara swadaya. “Kalau ada yang punya banyak kasih banyak, kalau yang tidak kasih seikhlasnya saja,” ujarnya.

Marsono menambahkan, semoga dengan kegiatan ini keluarga Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution bisa Samawa (Sakinah, Mawadah, wa Rahmah).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.