Sukses

Bukan Kuda Putih yang Akan Menarik Kereta Kencana Kahiyang Ayu

Ada dua kuda betina yang akan menarik kereta kencana yang dinaiki Kahiyang Ayu. Namun, dua-duanya bukan kuda putih.

Liputan6.com, Solo - Teka-teki mengenai kuda yang akan menarik kereta kencana yang dinaiki Kahiyang Ayu terjawab sudah. Kuda blasteran yang akan menarik kereta tersebut bernama Agustin dan Srikandi.

Pemilik kuda, Mujiyono mengatakan ada 16 ekor kuda yang akan digunakan dalam kirab pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu-Bobby Nasution.‎ Masing-masing kereta ditarik dua ekor kuda.

"Dari jumlah 16 ekor kuda itu, sebanyak delapan ekor kuda milik saya dan sisanya milik teman saya," kata dia ketika ditemui di kediamannya, Senin (6/11/2017).

Dua ekor kuda yang akan menarik kereta Kahiyang, kata Mujiyono, bernama Agustin dan Srikandi. Dua kuda betina itu akan menarik kereta kencana dari kediaman pribadi Presiden menuju lokasi pernikahan di Graha Sabha Buana, Solo, Jawa Tengah.

"Agustin yang akan menarik keretanya Mbak Kahiyang dulu juga dipakai saat pernikahannya Mas Gibran," kata dia.

Tak hanya untuk pernikahan, lanjut dia, kuda tersebut juga pernah dipakai Presiden Jokowi untuk kirab pelantikan ‎presiden.

"Kuda ini sudah dipakai kirab Pak Jokowi sebanyak tiga kali, untuk dua pernikahan dan pelantikan presiden," ujarnya bangga.

Ia mengaku senang kembali dipercaya keluarga Presiden untuk kirab tersebut. Kini segala persiapan telah dilakukan, seperti cek kondisi kudanya dan keretanya.

"Kereta yang akan pakai untuk kirab sudah saya servis semua. Pokoknya sudah siap," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Permintaan Kuda Putih

Sebelumnya, Kahiyang Ayu melontarkan permintaan khusus terkait kuda yang akan menarik kereta kencananya. Kala itu, putri Jokowi tersebut meminta kuda putih.

"Mbak Kahiyang yang khusus minta kuda putih," kata Anwar Muhtadi, Selasa, 17 Oktober 2017. Belakangan, permintaan itu tak jadi dipenuhi karena keluarga meminta yang sederhana saja.

Anwar Muhtadi merupakan orang yang didaulat untuk menyiapkan kereta kencana. Anwar juga yang menyiapkan kereta kencana saat pernikahan Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda. Ia sudah menjadi orang kepercayaan Presiden Jokowi saat masih menjabat Wali Kota Solo untuk urusan kereta saat kirab di Solo.

"Nanti saya siapkan enam kereta, salah satunya kereta kencana. Kereta kencana ini akan digunakan untuk mempelai perempuan," kata Anwar.

Masing-masing kereta akan ditarik oleh dua kuda. Dia menyiapkan sebanyak 20 kru termasuk kusir untuk menarik kereta. Tiga kereta akan ditempatkan di Hotel Alila, Solo untuk mengangkut mempelai laki-laki dan keluarga.

"Semua kudanya betina, kalau jantan nanti takutnya berontak," ujar Anwar.

Menurut Anwar, kereta kencana akan digunakan saat prosesi akad nikah dan resepsi pada malam hari. "Untuk yang resepsi pernikahan rencananya kereta akan berangkat dari kediaman Pak Jokowi menuju Gedung Graha Sabha," kata dia.

3 dari 3 halaman

Kereta Kencana

Anwar menyiapkan delapan kereta kuda untuk mengantarkan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution beserta keluarga menuju lokasi pernikahan. Jika Kahiyang Ayu menaiki kereta kencana, Bobby Nasution menunggangi kereta miliki calon mertuanya, Presiden Jokowi.

Menariknya, kereta milik Presiden Jokowi dibelinya dari adik Sri Sultan Hamengku Buwono X, GBPH Yudhaningrat. Ia membelinya saat masih menjabat Wali Kota Solo periode pertama pada 2005.

"Ini keretanya malah kuno, jenisnya kabriolet. Jadi kapnya bisa dibuka dan ditutup. Nanti kereta ini dipakai sama mas Bobby saat akan menuju Graha Sabha. Kirab akan diawali dari Hotel Alila," ujar Anwar.

Sementara itu, Kahiyang Ayu bakal menggunakan kereta kencana milik Pemkot Solo. Rencananya kereta kencana dan seluruh kereta kuda akan dihiasi bunga pada saat H-1 hari pernikahan. Kru kereta kuda seluruhnya ada 20 personel.

"Setiap kereta ditarik dua kuda betina. Kenapa betina? Nanti biar tidak mbeker (mengamuk). Kalau ada jantannya, takutnya ngamuk. Ini semua kudanya betina dan jinak. Jadi dijamin aman," ujar Anwar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.