Sukses

Pisang Ijo Ini Tak Lagi Berwarna Hijau, Lho?

Ide 'nakal' emak-emak asal Maros ini menciptakan pisang ijo anti-mainstream.

Liputan6.com, Maros - Bagi penikmat pisang ijo, tak ada salahnya berkunjung ke warung pisang ijo milik Irdawaty Ashar yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Poros Kabupaten Maros, Kota Makassar, tepatnya di Kelurahan Taroada, Kecamatan Turikale.

Setiba di sana, dipastikan Anda bakal kagum karena mendapati pisang ijo yang berbeda dengan pisang ijo pada umumnya. Pisang ijo ciptaan Irdawaty tersebut telah melalui proses modifikasi sehingga dinamakan pisang ijo pelangi.

Warna pelangi pada pisang ijo ini berbahan dasar alami seperti dari wortel untuk warna kuning dan buah naga untuk warna merah.

Pemilik warung, Irdawaty Ashar mengaku, kreasinya itu muncul dari ide nakal yang positif setelah melihat banyak makanan tradisional yang telah dimodifikasi.

Menurut dia, pisang ijo merupakan salah satu kuliner khas yang tidak pernah berkembang selama ini. Sehingga dengan ide nakal nan kreatif tersebut, ia pun mencoba mengganti lapisan pisang ijo yang biasanya berwarna hijau dari daun pandan, kini, berwarna kuning dan merah dari wortel dan buah naga.

"Kita sudah sering melihat banyak kreasi kuliner khas, tapi tidak ada kreasi pisang ijo. Makanya saya mencoba menyajikan dalam bentuk lain. Selain warnanya yang berbeda, tentunya dari sisi rasa juga akan memberikan sensasi tersendiri," katanya saat ditemui di warung pisang ijonya itu, Minggu, 5 November 2017.

Ia mengaku, pisang ijo hasil kreativitas nakalnya tersebut mulai dijajakan sejak sebulan lalu. Alhasil, banyak pelanggan yang senang dan malah menyebarkan pisang ijo karyanya ke media sosial.

"Karena warna dan rasanya yang unik, banyak pelanggan yang mem-posting-nya di media sosial, hingga banyak orang yang penasaran dan datang untuk mencoba," ungkapnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pisang Ijo Pelangi Bikin Penasaran Warganet

Irdawaty Ashar mengatakan resep dalam membuat pisang ijo pelangi ini tidak jauh berbeda dengan pisang ijo pada umumnya. Hanya saja untuk pisang ijo pelangi, bahan daun pandan yang biasanya dijadikan pewarna dan perasa pada lapisan pisang ijo biasa, diganti dengan wortel dan buah naga.

"Pelanggan bisa memesan sesuai selera, bisa satu rasa, bisa juga kombinasi dari tiga rasa dan warna. Jadi tergantung pesanan saja," ucapnya.

Supaya tambah unik, Irdawaty juga mengkreasikan beberapa campuran rasa pada taburan kuah santan dan es yang disandingkan dengan pisang ijo. Mulai dari cokelat, keju, hingga susu krim sebagai pelengkap rasa dan mempercantik tampilan pisang ijo pelanginya tersebut.

Salah seorang pelanggan, Nurhana mengaku sangat penasaran dengan pisang ijo yang menurutnya unik itu. Saat ia mencoba, selain tampilannya yang menarik untuk dilihat, rasanya pun sangat berbeda dengan pisang ijo pada umumnya.

"Awalnya saya hanya tertarik dari warnanya yang berbeda, tapi pas saya coba, rasanya juga sangat khas. Karena buah naga dan wortelnya juga sangat terasa dilidah. Apa lagi ada balutan variasi rasa di bagian kuahnya yang sangat nikmat," ungkap Nurhana.

Selain bentuk dan rasanya yang unik, harga satu porsi pisang ijo pelangi milik Irdawaty diakui Nurhana cukup murah yakni hanya dipatok dengan harga Rp 10 ribu per porsi dengan untuk berbagai varian rasa yang bisa dipesan sesuai dengan selera tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.