Kuliner-Kuliner Legendaris Salatiga

Oleh Liputan6.com pada 26 Okt 2017, 05:00 WIB
Diperbarui 26 Okt 2017, 05:00 WIB
20150716-5 Minuman Alternatif Soda Untuk Lebaran 4
Perbesar
Anda bisa mencoba minuman hangat yang sehat saat momen Lebaran seperti wedang ronde. Minuman ini merupakan minuman khas yang tidak hanya menyegarkan tetapi juga dapat menghangatkan perut. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Salatiga, kota kecil sejuk di Jawa Tengah, memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Banyak juga lokasi penyedia kuliner ciamik yang bisa dijumpai di Salatiga, beberapa di antaranya sudah berdiri puluhan tahun.

Berikut adalah kuliner-kuliner legendaris Salatiga yang bisa Anda masukkan daftar sarapan pagi hingga makan malam.

Pecel Madya

Pecel Madya merupakan salah satu kuliner legendaris Salatiga. Letaknya cukup tersembunyi di Gang Madya, Jalan Sukowati, belakang Gereja Mawar Sharon. Pecel Madya sudah buka sejak 1973 ketika Bioskop Madya yang kini menjadi gereja masih berdiri. Hingga kini, pendiri Pecel Madya yang biasa disapa Mbah Mul, masih ikut melayani para pembeli.

Pecel Madya menyediakan menu pecel yang dilengkapi dengan berbagai macam lauk, mulai dari telur onclang, bakwan, perkedel, babat iso, sate usus, hingga ati ampela. Selain pecel, warung ini juga menjual soto, opor dan krecek. Harga makanan menyesuaikan dengan jumlah dan ragam lauk.

Soto ESTO

Salah satu Soto paling terkenal di Salatiga ialah Soto ESTO. Warung soto ini sudah buka sejak 1953. Nama Soto ESTO diambil dari nama bus ESTO (Eerste Salatigasche Transport Onderneming) yang beroperasi sejak 1921. Dulu warung ini berdiri di dekat garasi bus ESTO, namun kini telah pindah di Jalan Langensuko no.4 tidak jauh dari lokasi lama.

Soto ESTO termasuk jenis soto yang menggunakan santan dan dilengkapi dengan berbagai macam lauk. Sate kerang, sate telur puyuh, tempe dan mentho siap menemani semangkuk soto Anda.

Es Kesambi

Walau Salatiga adalah kota yang sejuk, tapi Anda harus menjajal kuliner es yang satu ini: Es Kesambi 4. Kedai Es Kesambi 4 merupakan salah satu kedai es tertua di Salatiga. Kedai ini sudah buka sejak 1948. Kedai ini terletak di Jalan Kesambi no.4, belakang pertokoan Jalan Jenderal Sudirman. Terdapat puluhan menu es dari yang spesial hingga kombinasi. Buah-buahan yang digunakan juga terbilang lengkap. Es Kesambi 4 ini cocok dikunjungi ketika Salatiga sedang terik-teriknya.

Sate Kambing Muda Masyhudi

Selain pecel, Salatiga juga kuliner sate yang spesial. Sate kambing muda Masyhudi terletak di Jalan Fatmawati, jalan utama Semarang-Solo. Anda bisa menjumpainya setelah memasuki gapura batas kota dari arah Semarang. Sate Kambing Muda Masyhudi sudah buka sejak 1971 yang awalnya hanya berupa warung kaki lima.

Kini Sate Kambing Muda Masyhudi telah memiliki kedai dan membuka cabang di Kabupaten Semarang. Sate kambing di sini juga disajikan dengan hot plate. Selain sate, kedai ini juga menjual menu tongseng, tengkleng, dan gulai.

Ronde Sekoteng Jago

Bila malam tiba, ronde merupakan salah satu kuliner yang cocok Anda cicipi di kota dingin Salatiga. Terdapat banyak penjual ronde di Salatiga, mulai dari penjual ronde pinggir jalan, gerobak keliling hingga kedai. Salah satu yang paling terkenal adalah kedai Ronde Sekoteng Jago. Terletak di Jl. Jederal Sudirman No. 9, Ronde Sekoteng Jago telah berdiri sejak 1964.

Yang menarik, terdapat buah pala, kayu manis dan irisan jeruk kering dalam semagkuk ronde yang tak dimiliki ronde-ronde lain di Salatiga. Selain ronde, kedai ini memiliki menu tambahan seperti mie kopyok, batagor dan pangsit tengiri. (Andri Setiawan / kontributor Salatiga) 

Saksikan video pilihan di bawah ini: