Sukses

Ketika Sapi dan Kerbau Ikut Kontes di Lebak

Bupati Lebak berharap, kontes ini bisa mewujudkan mimpi pemkab menjadikan Lebak sebagai lumbung ternak.

Liputan6.com, Lebak - Kelompok ternak Cileles meraih juara lomba kontes ternak yang berlangsung di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

"Kami minta kegiatan kontes ternak itu diagendakan tahunan untuk memotivasi peternak dalam memproduksi bibit unggul baik betina maupun pejantan," kata Bupati Lebak Iti Octavia, sambil menyerahkan seekor kerbau bagi kelompok ternak Cileles yang meraih juara pada lomba kontes ternak di Lebak, Minggu.

Kegiatan kontes ternak tersebut berdampak positif terhadap usaha peternakan kerbau dan sapi di Kabupaten Lebak. Selain itu, juga mendukung program pemerintah berswasembada daging.

Selama ini, beternak di daerah tersebut hanya sebatas usaha sampingan untuk tabungan, tetapi belum menjadi usaha andalan ekonomi masyarakat.

Sebetulnya, potensi usaha peternakan di Kabupaten Lebak cukup berpeluang menjadi sentra lumbung ternak karena didukung lahan yang luas.

Ternak kerbau dan sapi bisa dilepas pada lahan lapang untuk memenuhi pakan rerumputan, seperti di lahan perkebunan kelapa sawit. Selain itu, banyak juga rerumputan di lahan lapang milik masyarakat.

Pemerintah daerah mendorong masyarakat dapat mengembangkan usaha ternak besar untuk meningkatkan pendapatan dan memenuhi kebutuhan daging. Apalagi, saat ini harga kerbau dan sapi bisa menembus Rp 30 juta per ekor.

"Kami optimistis Lebak sebagai daerah pemasok ternak kerbau dan sapi di Provinsi Banten," kata Iti dilansir Antara.

Menurut dia, keberhasilan kelompok ternak Cileles yang meraih juara lomba kontes ternak dengan menampilkan bibit unggul kerbau betina, dipastikan dapat meningkatkan kualitas produksi, sehingga bisa meningkatkan populasi ternak kerbau.

Saat ini, banyak ternak kerbau merupakan hasil kawin sekandung sehingga tidak melahirkan bibit yang unggul. Oleh karena itu, melalui kontes ternak ini, diharapkan bisa mencetak bibit unggul pejantan dan betina kerbau dan sapi.

Dia berharap, pelaksanaan kontes ternak itu tentu bisa membangun kewirausahaan kepada masyarakat karena banyak pengunjung dari berbagai kecamatan di Kabupaten Lebak.

"Kami berharap masyarakat dapat mengembangkan usaha ternak karena permintaan pasar cenderung tinggi, sehingga meningkatkan kesejahteraan keluarga," katanya pula.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.