Sukses

Selamat, Bayi Kembar Tiga Lahir di Ponorogo

Dikandung 8 bulan, bayi kembar tiga lahir selamat di Ponorogo.

Liputan6.com, Ponorogo - Pasangan suami istri Wasono dan Sumarsih di Ponorogo, Jawa Timur tengah berbahagia. Setelah sekian lama menunggu hadirnya buah hati, begitu dianugerahi langsung bayi kembar tiga. Ketiganya berjenis kelamin perempuan.

"Senang diberi anugerah anak langsung kembar tiga," tutur Wasono saat ditemui di RSUD Harjono, Selasa (10/10/2017).

Saat menjalani kehamilan, Sumarsih mengeluhkan pinggangnya sakit seperti orang mau melahirkan. Setelah diperiksa dan di USG ternyata ada tiga janin di rahimnya. "Setelah tahu, rasanya kaget dan senang. Istri sempat menangis terharu," ucapnya.

Wasono sebagai suami siaga bersiap menyambut ketiga buah hatinya. Ia selalu menuruti keinginan atau ngidam sang istri, mulai dari membelikan mangga ataupun sate sesuai keinginan istri.

"Dulu pernah sakit batuk tidak sembuh-sembuh, sudah periksa ke dokter, puskesmas juga. Tapi tiba-tiba sembuh sendiri," katanya.

Wasono bersyukur dengan hadirnya ketiga buah hati. Sebelumnya, Sumarsih pernah mengalami keguguran di usia 6 bulan kehamilannya. "Ini hamil kedua dan langsung diberi tiga, senang rasanya," ujarnya.

Ketiga bayi ini memiliki berat yang berbeda, bayi pertama beratnya 2,2 kg, bayi kedua beratnya 1,7 kg, dan bayi ketiga beratnya 2 kg. Beruntung Wasono dan Sumarsih mendapatkan Jampersal atau Jaminan Persalinan dari pemerintah, sehingga tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Ditanya terkait nama, Wasono mengaku belum menyiapkannya. "Belum tahu, belum ada ide nama," katanya.

Ditemui di lain tempat, dr. Sumanto menambahkan ketiga bayi ini lahir pada hari Jumat, 6 Oktober 2017 lalu. "Secara umum, kesehatan dari organ-organnya normal. Cuma karena kembar tiga dan belum cukup umur, bayinya kecil," ucapnya.

Dua dari tiga bayi tersebut sudah mulai normal dan diberikan asupan nutrisi. Namun, satu bayi lainnya memerlukan perawatan lebih karena mengalami masalah pencernaan.

"Ini wajar, karena ketiganya harus dilahirkan di usia 8 bulan, bayi dipaksa untuk bertahan sendiri," ujarnya.

Bayi kembar tiga ini dilahirkan melalui operasi caesar, karena masih berumur 8 bulan kehamilan. Pihak rumah sakit berjanji akan mengobservasi para bayi kembar selama dua minggu ke depan.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.