Sukses

Kisah Pendaki Kibarkan Spanduk HUT ke-72 TNI di Puncak Jayawijaya

Dalam pendakian menuju Puncak Jayawijaya, hujan dan angin dingin menerjang tim ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika.

Liputan6.com, Cilegon - Spanduk atau banner raksasa logo HUT ke-72 TNI berhasil dibentangkan di hamparan es Pegunungan Jayawijaya, Papua, tepat sehari menjelang 5 Oktober 2017.

"Banner tersebut akan mewarnai pelaksanaan upacara HUT ke-72 TNI yang dilaksanakan Kamis pagi di gletser Jayawijaya. Ini adalah kado khusus untuk TNI yang dipersembahkan oleh tim Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika," ujar Wakil Ketua Ekspedisi, Dar Edi Yoga dalam keterangan tertulisnya di Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017), seperti dilansir Antara.

Selama pendakian, ucap Dar Edi Yoga, setiap harinya para pendaki selalu diserang hujan dan angin yang dingin. Bahkan, sempat turun salju di sekitar basecamp yang terletak di lembah danau-danau.

"Sore hari suhu bisa mencapai 5 derajat Celsius seperti yang dilaporkan Ketua Umum TRAMP Hendrata Yudha melalui telepon satelit, Rabu (4 Oktober 2017)," ujar Yoga.

Kendati selalu didera cuaca yang ekstrem, kondisi para pendaki tetap terjaga dengan baik karena sebelum pendakian telah dilakukan latihan fisik selama empat bulan lebih, dan seluruh peralatan serta logistik telah pula diperhitungkan secara matang.

Tim Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika yang didukung oleh Artha Graha Peduli, Asabari, dan Pegadaian ini terdiri atas pendaki tunadaksa Sabar Gorky, 32 anggota Brigif 20/IJK Kodam XVII/Cenderawasih, Elpala SMA 68, jurnalis dari RMOL, Reportase News, Transtv, Serikat Media Siber Indonesia.

Kemudian, Mapalasta Makasar, serta organisasi pemuda pencinta alam TRAMP, di bawah komando Komandan Pendakian Danbrigif 20/IJK Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Frits WR Pelamonia didampingi Danyonif 754/ENK Letkol Inf Johanis Parinussa.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.