Sukses

Kekeringan, Warga di Probolinggo 3 Bulan Konsumsi Air Kotor

Warga harus mengambil air dari sisa resapan air sungai yang telah mengering.

Liputan6.com, Probolinggo - Ratusan warga di Dusun Pelangkerep, Desa Sumber Kare, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, terpaksa harus mengkonsumsi air yang kurang bersih di tiga bulan terakhir ini.

Hal ini terjadi lantaran kekeringan yang melanda wilayah tempat tinggal mereka semakin memburuk. Warga harus mengambil air dari sisa resapan air sungai yang telah mengering.

Kondisi geografis dusun tersebut memang berupa bukit gersang. Untuk mencukupi kebutuhan air bersih, terutama saat kemarau seperti saat ini, para warga terpaksa harus menggali tanah di daerah aliran sungai yang telah mengering.

Selanjutnya, air dari galian sedalam 30 sentimeter itu, diambil sedikit-demi sedikit menggunakan gayung plastik. Secara perlahan, agar kotoran dari tanah di sekitarnya tidak turut serta.

Sementara untuk kebutuhan mandi, warga memanfaatkan sisa genangan air sungai yang warnanya hijau. "Ya mau bagaimana lagi, kalau kekeringan seperti ini terpaksa kami ambil air dari dasar sungai," kata Nenek Urso, Jumat (29/9/2017).

Wanita berusia 70 tahun ini mengatakan, sebetulnya bantuan dari pemerintah ada, berupa dropping air bersih. Namun, pembagiannya sekitar pukul satu dini hari. Selain itu, lokasi pembagian biasanya berada di sekitar jalan raya saja, yang jauh dari rumahnya.

"Tidak pernah kebagian, karena saya sudah tua. Jadi ya terpaksa pakai air dari sisa sungai ini saja," ucapnya.

Secara keseluruhan, Desa Sumberkare memang tidak mengalami kekeringan seperti di Dusun Pelangkerep ini. Di dusun lain, ada fasilitas pompa air bor. Namun untuk menikmati fasilitas tersebut, warga harus membayar uang solar untuk pompa sebesar Rp 40 ribu tiap bulannya. Itupun hidup tiap lima hari sekali, dan memenuhi tandon penyimpanan air sebanyak 750 liter.

"Itupun airnya tidak cukup untuk bertahan selama lima hari. Jadi agar cukup, kami gunakan untuk minum dan memasak saja. Sementara mandi, kami gunakan air dari dasar sungai. Selain itu, harganya juga mahal bagi kami," ujar salah satu warga, Supina.

Saksikan video pilihan berikut ini!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.