Sukses

Aksi Nekat 3 Tahanan Kabur Lewat Asrama Polisi

Ketiga tahanan yang kabur ini hilang di tengah gelapnya malam setelah masuk ke semak-semak.

Liputan6.com, Pekanbaru - Lapuknya kusen pintu sel Polsek Bengkalis Kota dimanfaatkan tiga tahanan untuk kabur dengan cara mengikisnya, kemudian membobol ventilasi. Para tahanan kasus narkotika dan pencurian sepeda motor ini berhasil raib di tengah gelapnya malam. Ketiganya berhasil lolos setelah melewati asrama polisi dan masuk ke semak-semak.

Kepala Kepolisian Resort Bengkalis, Ajun Komisaris Besar Polisi Abbas Basuni menjelaskan, anggotanya sudah disebar untuk mengejar para tahanan yang kabur ini. Setiap pintu masuk kabupaten sudah dijaga, termasuk memperketat pengamanan di pelabuhan.

"Kepada tahanan diimbau segera menyerah sebelum merugikan diri sendiri," kata mantan Kasubdit Registrasi dan Indentifikasi Direktorat Lalu Lintas Polda Riau ini, Kamis (14/9/2017) siang.

Dia menjelaskan, kaburnya tiga tahanan atas nama Muhammad Jarkasih (kasus Curanmor), Hery dan Henry Wibawa, keduanya tahanan kasus narkotika diketahui pada ‎Rabu, 13 September 2017 pukul 21.00 WIB. Kala itu, para personel polisi masih berada di kantor polsek tersebut, terutama petugas piket.

Sebelum kejadian, tepatnya pukul 20.30 WIB, seorang petugas mengecek sel yang berisi empat tahanan dan ketika itu masih lengkap. Petugas ini kembali lagi ke pos penjagaan untuk melaksanakan tugas seperti biasa.

Tak lama kemudian, didengar suara bising dari sel. Petugas ini curiga dan langsung mengecek sel. Rupanya tiga tahanan sudah berhasil keluar melalui ventilasi. Aparat pun langsung mengejar para tahanan yang kabur.

"Para tahanan ini lari dari belakang polsek menuju ke arah asrama polsek. Para tahanan ini hilang setelah masuk ke semak-semak," sebut Abbas.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari tahanan yang tak kabur, tiga tahanan yang kabur itu sebelumnya membuka teralis dengan cara mencongkelnya. Alat yang digunakan adalah sebuah kayu dari kusen lapuk yang sebelumnya dikikis para tahanan.

Sejak kabur tadi malam, para tahanan ini disebut Abbas belum berhasil ditangkap. Abbas sudah memerintahkan personel polsek, dibantu Polres Bengkalis untuk mencari para tahanan kabur ini.

"Pencarian juga dilakukan dengan mendatangi rumah keluarganya," Abbas menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.