Sukses

Sapi Jumbo dari Lereng Merapi Dijual Rp 75 Juta, Siapa Mau Beli?

Sapi jumbo dari lereng Merapi ada dua, namanya Gatotkaca dan Seno.

Liputan6.com, Magelang - Sapi berukuran jumbo milik warga lereng Gunung Merapi di Dusun Gowok, Desa Polengan, Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ditawarkan Rp 75 juta. Sang pemilik, Nur Waluyo mengatakan, ada dua ekor sapi jumbonya dari hasil penggemukan, yakni jenis simental dan brahma, dan diberi nama Gatotkaca dan Seno.

"Untuk Gatotkaca beratnya 1,25 ton saya tawarkan Rp 75 juta, dan Seno berat 1,1 ton saya jual Rp 65 juta," kata Nur, di Magelang, Selasa (29/8/2017), dilansir Antara.

Ia menuturkan, Seno sudah ada yang menawar Rp 55 juta dan Gatotkaca ditawar Rp 70 juta. Namun, ia belum melepaskannya.

Ia mengatakan, Seno dibeli saat usia tiga tahun dengan berat badan 500 kilogram seharga Rp 24 juta dan Gatotkaca dibeli pada usia empat tahun dengan berat 600 kilogram seharga Rp 26,5 juta.

Dia menjelaskan, setelah dipelihara dengan diberi pakan rumput, bekatul, ketela, konsentrat, dan pollard (ampas gandum) bobotnya terus naik. Ia berharap, menjelang Idul Adha ada warga yang mau membeli sapi peliharaannya itu.

"Sebenarnya saya pengin, seperti di Jawa Timur, ada peternak yang berhasil kemudian ternaknya dibeli pejabat. Tetapi sekarang siapa saja boleh membelinya," katanya.

Pada 2016, Nur Waluyo juga berhasil memelihara sapi jumbo yang diberi nama Sembodo seberat 1,25 ton dan Bimo 1,2 ton.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.