Sukses

Tokoh Hindu AS Sambangi Bali, Apa Pesannya?

Ia mengunjungi dua pasraman Hindu Vaisnawa di wilayah Buleleng, yakni Pasraman Sri-Sri Radha Gopisvara dan Sri Sri Radha Vrindavana Candra.

Liputan6.com, Singaraja - Tokoh Hindu asal Amerika Serikat, His Holinnes Bhakti Madurya Govinda Swami Maharaja, mengunjungi pasraman (lembaga pendidikan khusus bidang agama Hindu.) lokal di wilayah Kabupaten Buleleng, Bali. Ia mengajarkan Bhagawadgita.

"Saya berkeliling dunia mengajarkan Bhagawadgita dan Srimad Bhagawatam untuk kedamaian dan kasih sayang antarmakhluk hidup," ucap Swami di Singaraja, Bali, Senin (28/8/2017), dilansir Antara.

Ia mengunjungi dua pasraman Hindu Vaisnawa di wilayah Buleleng, yakni Pasraman Sri-Sri Radha Gopisvara dan juga Sri Sri Radha Vrindavana Candra di wilayah Sambangan.

Swami ingin menyampaikan pesan luhur Bhagawadgita bahwa sebenarnya manusia lahir dengan hakikat sebagai pelayan kekal Tuhan. "Dengan mengetahui makna bahwa kita sebagai pelayan hendaknya selalu melayani Tuhan dan semua penyembah-Nya.

Dia mengatakan generasi sebagai penerus hendaknya mengikuti ajaran yang dipaparkan dalam kitab Bhagawadgita sebagai bekal menjalani kehidupan di zaman modern saat ini.

"Solusi mencapai kedamaian adalah berserah diri kepada Tuhan yang Maha Esa. Selain itu, harus melepaskan diri dari ikatan duniawi yang selalu menjerat manusia menuju kesengsaraan," kata dia.

Sementara itu, Putu Ari Wirawan, seorang asisten His Holines (HH) Bhakti Madurya Govinda Svami Maharaja menjelaskan, Swami terkenal sebagai seorang pemuka Hindu yang berhasil membuka kuil di Berkeley, California, AS, pada 1969.

His Holines (HH) telah berlatih Bhakti Yoga, salah satu ajaran terkenal dalam Hindu selama hampir 50 tahun lebih dan telah mengajar ratusan kelas atas ilmu Bhakti Yoga di seluruh dunia.

"His Holines (HH) Bhakti Madurya Govinda Svami Maharaja selama sebulan terakhir berkunjung dan memberikan wejangan kitab suci Bhagawadgita untuk kalangan masyarakat Hindu di Pulau Dewata dan beberapa daerah lain di Nusantara," asisten tokoh Hindu asal AS itu memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.