Polwan Surabaya Sapa Pagi dari Museum Hidup Hoofdbureau

Oleh Dhimas Prasaja pada 27 Agu 2017, 06:01 WIB
Polwan Surabaya Sapa Pagi dari Museum Hidup Hoofdbureau

Liputan6.com, Surabaya - Ada yang berbeda dalam suasana kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Museum Hidup 'Hoofdbureau' yang telah lama dijadikan sebagai Markas Kepolisian Resor Kota Besar (Mapolrestabes) Surabaya yang terletak di Jalan Sikatan 1, Surabaya.

Pagi itu, seluruh anggota kepolisian di wilayah hukum Surabaya sengaja mengenakan pakaian olahraga merah dan putih. Mereka yang didominasi para polwan mengolah tubuh dengan arahan pemandu senam di halaman Markas Komando Kepolisian Resort Kota Surabaya (Polrestabes).

"Kegiatan olaharaga dan bersepeda ini adalah wujud dari memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia, yang rutenya dari Markas Komando Polrestabes yang dilanjutkan menuju Tugu Pahlawan," kata Komisaris Polisi (Kompol) Lily Djafa, Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat (Kasubag Humas) Kepolisian Resort Kota Besar Surabaya, kepada Liputan6.com saat dikonfirmasi, Sabtu, 26 Agustus 2017.

Acara tersebut juga dalam rangka HUT Polwan ke-69 dan Hari Gerak Kesatuan Bhayangkari ke-65. Sekitar 200 polwan menebar senyumannya saat menaiki sepeda menuju Monumen Tugu Pahlawan yang dipimpin Kapolres Kota Surabaya Muhammad Iqbal.

Tak hanya bersepeda saja yang digelar oleh kepolisian Resort Kota Surabaya (Polrestabes), ada juga lomba tari dan goyang Gemu Famire, gigit kelereng, dan memecahkan balon berpasangan.

"Kami berharap dengan digelarnya berbagai kegiatan menyambut kemerdekaan Repbulik Indonesia hari ini dan besok yang mengusung Gowes Merah putih tetap tertanam semangat kemerdakaan ditubuh Polri," ujar mantan Kasubag Humas Polres Tanjung Perak Surabaya ini.

Sementara itu, Munif, salah satu warga Gemblongan menganggap aksi polwan Surabaya menarik.

"Saya kira tadi ada karnaval soalnya sepedanya dikasih kertas minyak merah putih. Eh ternyata, mereka itu anggota polisi wanita lagi bersepeda dan kelihatan juga ada Pak Kapolres juga," ucap pria bertubuh tambun itu.

Saksikan video menarik di bawah ini: