Sukses

1.516 Bendera Merah Putih Berkibar di Goa Ngingrong

Pengibaran ribuan bendera Merah Putih berada di lokasi seluas kurang lebih 1.802 km2.

Liputan6.com, Yogyakarta - Setidaknya, 1.516 bendera Merah Putih dikibarkan di salah satu geosite dari 33 lokasi geosite yang ada di Gunungsewu Global Geopark Network (GGN), yaitu di Geosite Goa Ngingrong, Mulo, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta.

GGN ini berada di tiga kabupaten dan tiga provinsi, yaitu Kabupaten Gunungkidul DIY, Wonogiri Jawa Tengah, dan Pacitan Jawa Timur dengan luas lebih kurang 1.802 km2.  

Sekretaris Geopark Gunungsewu Hary Sukmono mengatakan pemasangan ribuan bendera ini dilaksanakan di lembah Ngingrong sejak Kamis pagi, 10 Agustus 2017. Pemasangan ini dilakukan secara simbolis dengan menarik bendera sebesar 9X6 meter menggunakan flying fox.

Awalnya, ratusan bendera dipasang mulai dari pintu masuk, lereng hingga lembah di Gunungsewu ini. Pengibaran bendera dilakukan untuk menambah semangat cinta tanah air, terutama di kalangan muda, dan juga gerakan awal menumbuhkan semangat membangun Gunungsewu demi kesejahteraan warga tanpa merusak alam.

"Sebenarnya kita menyiapkan sekitar 1000, tetapi sumbangan dari komunitas sangat luar biasa," katanya.

General Manajer Geopark Gunungsewu, Budi Martono mengatakan Lembah Ngingrong dipilih karena wilayahnya cukup luas sebagai lokasi pengibaran bendera yang berjumlah lebih dari 1.000 itu. Nantinya, bendera akan dipasang di Geosite lainnya di GGN.

"Ngingrong akan kita angkat seperti pengelolaan di Nglanggeran (Gunung Api Purba) yang melibatkan seluruh warga. Nantinya tidak hanya di sini, tetapi semua geosite," katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Survei Geologi Kementerian ESDM Muhammad Wafid mengatakan Geopark Gunungsewu menjadi contoh pengelolaan geopark di Indonesia. Hal itu dilihat dari meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Peningkatan PAD ini dapat menumbuhkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Selain itu, badan geologi kini tengah membangun sistem manajemen geoheritage yang memberikan pedoman ke seluruh Indonesia dalam mengelola warisan geologi.

"Gunungsewu UNESCO global geopark menjadi salah satu contoh sukses pengembangan wisata berbasis geologi di Indonesia," katanya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.