Sukses

Perjalanan Cinta Mantan Pengamen Makassar dan Jurnalis Prancis

Jurnalis Prancis cantik itu ternyata yang pertama kali menyatakan cinta pada mantan pengamen asal Makassar.

Liputan6.com, Makassar - Risal Hamid (36), pemuda asal Kelurahan Biring Romang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, jadi buah bibir di media sosial setelah mantan pengamen itu menikahi jurnalis cantik berkewarganegaraan Prancis, Julie Martha (36), pada Sabtu, 5 Agustus 2017.

"Iya kemarin waktu hari Sabtu kita resepsi di Makassar," kata pemuda yang akrab disapa Ijal itu kepada Liputan6.com saat dikonfirmasi, Selasa, 8 Agustus 2017.

Awal mula pertemuan keduanya adalah saat Ijal diundang manggung di Kota Padang, Sumatera Barat, pada 2015 oleh salah seorang rekan seprofesinya sebagai musikus.

"Pertama kali ketemu itu di Padang tahun 2015. Waktu itu saya diundang manggung oleh vokalis saya, Redo Malano. Dia kan orang Padang. Waktu itu saya diundang nampil di acara resepsi pernikahan dia," kata Ijal.

Redo Malano adalah saudara ipar Julie Martha. Redo, kata Ijal, menikah beberapa tahun yang lalu dengan Martha, kakak Julie, dan sekarang tinggal di Prancis. Pasangan itu kini telah dikaruniai satu orang anak.

"Martha itu dosen sastra Prancis di Unhas (Universitas Hasanuddin, Makassar). Redo dan Martha itu ketemu waktu kita manggung di Unhas beberapa tahun lalu. Pada saat acara nikahannya itu, saya ketemu dengan doi (Julie) di Padang," ucapnya.

Ijal mengaku yang menyatakan cinta pertama kali adalah Julie. Saat itu, Julie "menembak" Ijal saat Ijal sedang manggung di Gili Trawangan, Lombok, pada 15 Agustus 2015.

"Yang pertama kali nembak itu doi, bukan saya, di Lombok, pas lagi ada undangan nampil di sana. Tanggal 15 Agustus 2015 yang lalu, makanya ini mau ke Lombok liburan sekalian anniversary-an," ucapnya.

Sebelum resepsi pernikahannya menjadi heboh di media sosial, Ijal mengaku telah melangsungkan pernikahan dengan Julie di Paris, Prancis, pada Mei lalu. Namun, karena ingin mengenalkan sang istri kepada keluarganya di Makassar, ia juga melangsungkan resepsi pernikahan di kota kelahirannya.

"Sebenarnya dari bulan Mei, saya sudah sah jadi suami dan istri. Kita resepsi di kawasan Balai Kota Paris. Tapi, kan saya harus kenalkan istri saya di keluarga saya. Makanya saya bawa pulang," tuturnya.

Karier Berbeda

Awal mula karier Ijal sebagai musisi tidaklah mudah. Dia hanya seorang laki-laki yang gemar bermain gitar. Pada awal 2000-an, ia sering ngamen di Pantai Losari, Kota Makassar. Pada akhir 2001, ia nekat untuk merantau ke Jakarta untuk mengadu nasib.

"Awalnya modal nekat merantau, karena di sana tidak ada keluarga maupun teman," kata Ijal.

Kepiawaiannya bermain gitar membuatnya dilirik oleh banyak musikus ternama di Jakarta. Ijal bahkan sering manggung bersama artis-artis terkenal Ibu Kota.

"Dulu sering manggung sama artis, termasuk mantan vokalis (band) Zigaz, Zian. Padahal awalnya di Jakarta juga cuma ngamen," ucapnya.

Sementara istrinya, ujar dia, adalah salah seorang editor dan penulis di Courrier International, salah satu media di Kota Paris, Prancis.

"Doi itu editor dan penulis di salah satu media ternama di Paris," katanya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.