Sukses

Bocah Tewas Digigit Pitbull, Polisi Panggil Dokter Hewan

Belum ada tersangka dalam kasus bocah tewas digigit pitbull. Si anjing namanya Julio Cecar dan biasa dipanggil Sapi.

Liputan6.com, Malang - Kepolisian belum menetapkan tersangka atas peristiwa tewasnya Sasa akibat digigit anjing pitbull di rumahnya, Jalan Candi Penataran 10 Kota Malang, Jawa Timur. Keterangan dokter hewan sebagai saksi ahli diperlukan untuk mendalami peristiwa ini.

Kapolres Malang Kota, AKBP Hoiruddin Hasibuan, mengatakan sudah ada sejumlah saksi, termasuk nenek korban, yang diperiksa atas kasus bocah tewas digigit anjing tersebut.

"Beberapa saksi sudah dimintai keterangan. Kami juga perlu memanggil dokter hewan untuk memastikan kondisi anjing tersebut," kata Hoiruddin di Malang, Senin (7/8/2017).

Menurut dia, keterangan dokter hewan sebagai ahli penting untuk memastikan kondisi anjing. Yakni memastikan kesehatan anjing serta saat peristiwa itu, apakah sudah dalam perawatan yang tepat atau karena lapar menyerang korban.

"Kami belum menemukan pasal untuk disangkakan, masih didalami. Saat peristiwa itu ibu korban tak ada di rumah, hanya ada nenek," ucap Hoiruddin.

Anjing jenis pitbull itu diperkirakan berusia 4 tahun. Anjing tersebut diberi nama Julio Cesar dan lebih biasa dipanggil Sapi. Saat ini anjing itu telah ditempatkan di penitipan hewan mitra Unit K9 Polres Malang Kota di Jalan Irian Jaya.

Kepala Unit K9 Polres Malang Kota, Aiptu Imam Muhson Ridho, mengatakan keluarga korban sudah menyerahkan anjing itu sepenuhnya ke polisi.

"Pemilik sudah tak mau lagi memelihara. Berdasarkan buku panduan, anjing ini tipe setia hanya tunduk pada satu tuan," kata Imam.

Pengakuan pemilik, anjing sudah diberi makan pada pukul 20.00 WIB atau sehari sebelumnya. Jadwal pemberian makan selalu rutin setiap malam. Dugaan sementara, tidak ada indikasi anjing kelaparan, sehingga menyerang korban.

"Melihat tubuhnya, anjing itu terlihat sangat sehat atau dirawat betul oleh pemiliknya," ucap Imam.

Sebelumnya, Sasa tewas dengan luka parah pada leher dan wajahnya, Minggu, 6 Agustus sekitar pukul 15.00. Ia diserang dan digigit anjing pitbull itu saat berada di dekat anjing tersebut. Posisi anjing dirantai dalam kandang, tapi pintunya terbuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.