Sukses

Jam Berapa Kita Bisa Lihat Gerhana Bulan Sebagian Malam Ini?

Salah satu lokasi untuk melihat gerhana Bulan sebagian yang terjadi malam ini adalah Sumatera Barat.

Liputan6.com, Padang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gerhana Bulan sebagian yang akan terjadi pada 7-8 Agustus 2017 dapat dilihat di Sumatera Barat (Sumbar).

"Masyarakat dapat melihat fenomena tersebut dengan mata telanjang yang diperkirakan akan mulai pukul 22.48 WIB," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padangpariaman, Budi Samiadji, saat dikonfirmasi dari Padang, Senin (7/8/2017), dilansir Antara.

Ia menjelaskan, gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa tersebut merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan.

"Ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya," ujar dia.

Gerhana Bulan nanti malam, ujarnya, akan dimulai pukul 22.48 WIB, kemudian Gerhana sebagian mulai 00.22 WIB, puncak gerhana 01.29 WIB, gerhana sebagian berakhir 02.18 WIB dan akan berakhir pada 03.52 WIB.

Untuk itu, kata dia, BMKG Sumbar juga akan mengamati fenomena itu di Kantor Stasiun Geofisika Klas I Silaiang Bawah Kota Padang Panjang untuk mendapatkan data.

"Kami akan memakai teropong Vixen Sphinx, kamera digital, dan laptop dalam pengamatan itu," ucapnya.

Menurut dia, gerhana Bulan sebagian pada 7-8 Agustus 2017 ini merupakan anggota ke-61 dari 80 anggota pada Seri Saros 119.

Gerhana Bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah gerhana Bulan sebagian yang terjadi pada 28 Juli 1999. Adapun gerhana Bulan yang akan datang dan berasosiasi dengan gerhana Bulan ini adalah gerhana Bulan sebagian 19 Agustus 2035.

Ia menambahkan, pada 2017, diprediksi terjadi empat kali gerhana, yaitu gerhana Bulan penumbra 11 Februari 2017 yang dapat diamati dari Indonesia bagian barat.

Selanjutnya, gerhana Matahari cincin 26 Februari 2017 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, gerhana Bulan sebagian 7-8 Agustus 2017 yang dapat diamati dari Indonesia, dan gerhana Matahari total 21 Agustus 2017 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.

Salah seorang siswi SMA di Kota Padang, Zahratul Hayati (17), mengaku akan melihat gerhana Bulan sebagian ini nanti malam. "Fenomena ini jarang terjadi dan malam nanti merupakan salah satu kesempatan yang bagus untuk melihatnya, apalagi bisa dilihat secara langsung," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.