Bersihkan Bunaken, Manado Butuh Kapal Penyedot Sampah Laut

Oleh Liputan6.com pada 05 Agu 2017, 07:01 WIB
Diperbarui 05 Agu 2017, 07:01 WIB
20161217-Bunaken Masih Jadi Primadona Wisata Manado-Sulawesi
Perbesar
Nelayan sedang menikmati makannya di atas sampan di Pulau Bunaken, Manado, Sabtu (17/12). Taman Nasional Bunaken pernah bersaing dengan Pulau Dewata, Bali sebagai tempat wisata laut paling indah di Tanah Air. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Liputan6.com, Manado - Dalam waktu dekat, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Sulawesi Utara (Sulut), segera memiliki kapal penyedot sampah laut. Kapal ini terutama bakal membersihkan kotoran yang merusak lingkungan perairan.

"Kapal penyedot sampah nantinya akan beroperasi dari Pulau Bunaken, kemudian di laut bagian utara Manado sampai Jembatan Sukarno, bagian selatan sampai Pantai Malalayang dan satunya di perairan di Sungai Tondano," ucap Wali Kota Vicky Lumentut di Manado, Jumat, 4 Agustus 2017, dilansir Antara.

Dia menjelaskan, nantinya kapal penyedot sampah itu akan bekerja membersihkan sampah dari laut dan sungai. Alhasil, kapal tersebut bisa mengurangi pekerjaan membersihkan laut dan sungai.

"Tidak perlu lagi kita melakukan sapu laut setiap pekan, karena tugas tersebut akan dilaksanakan oleh kapal penyedot sampah, kemudian baru dibawa ke daratan untuk diproses," katanya.

Menurut Lumentut, untuk pengadaan kapal penyedot sampah laut dan sungai tersebut, pihaknya sudah memasukkan anggaran untuk tahun 2018 nanti. Dengan begitu, kapal penyedot sampah bisa langsung beroperasi di Manado, begitu selesai pengadaannya.

Khusus untuk kapal penyedot sampah di Bunaken, imbuh Lumentut, menjadi prioritas. Terutama bisa digunakan membersihkan Taman Laut Bunaken, karena merupakan wisata unggulan Manado dan Sulut.

Sedangkan untuk yang akan beroperasi di Sungai Tondano, akan menunggu selesainya pembangunan tanggul kiri dan kanan yang sedang dibangun. Sebab, sungai juga akan dikeruk, sehingga kapal bisa masuk sampai jauh mengikuti sungai tersebut.

Lumentut mengatakan pula, menjaga kebersihan wilayah, terutama dari sampah laut dan sungai memang menjadi perhatian dan prioritas pemerintah untuk membuat kepariwisataan makin maju di Sulut, khususnya Manado. Selain untuk membuat wisatawan mau berkunjung dan kembali datang, terutama menjaga lingkungan tetap bersih dan lestari.

Saksikan video menarik di bawah ini: