Sukses

Misi Khusus Calon Haji Pertama Asal Samosir

Calon haji asal Samosir menolak ditawari naik haji lewat Medan. Ia memiliki alasan spesial soal itu.

Liputan6.com, Medan - Sejak dimekarkan pada 2003 lalu, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, belum pernah mengirimkan jemaah calon haji. Populasi umat Islam di kabupaten yang terletak di tengah Danau Toba itu memang hanya sekitar 1,2 persen dari 123.789 jiwa penduduk.

Pada musim haji 2017, Siti Naisah Simbolon binti Lebanus Simbolon tercatat menjadi calon haji pertama yang berasal dari Kabupaten Samosir. Warga Sipapah Harian Boho, Desa Turpuk Sagala, Harian, Samosir itu tergabung dalam jamaah calon haji kloter 6 embarkasi Medan.

Di Asrama Haji Medan, Jalan AH Nasution, Siti Naisah mengaku sempat ditawari mendaftar naik haji melalui Kota Medan. Namun, ia menolaknya dengan alasan ingin memperkenalkan Kabupaten Samosir.

"Saya tetap ingin berangkat dari Samosir, karena ingin memperkenalkan Samosir. Anak saya ada di Medan," kata Siti, Selasa, 1 Agustus 2017.

Rencana wanita berusia 62 tahun itu untuk naik haji sempat terkendala. Karena aparat Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Samosir belum pernah melayani jemaah calon haji sebelumnya, mereka kesulitan melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Dinas Kesehatan di sana belum tahu teknisnya seperti apa. Itu sempat jadi kendala," ucapnya.

Meski mendapat kendala, niat Siti untuk naik haji tidak pernah kendur, hingga akhirnya Pemkab Samosir perlahan menunjukkan perhatian kepadanya. Terbukti, dukungan bagi pensiunan Guru Agama Islam tersebut tampak dari sejumlah pejabat yang ikut mengantarkannya ke Asrama Haji Medan.

Salah satu pejabat daerah yang mengantar Siti, yakni Kabag Sosial Sekretariat Daerah Kabupaten Samosir Maden Simbolon, mengaku sangat mendukung penuh warganya yang ingin melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci.

"Pemkab Samosir merasa bangga dan ada jamaah calon haji yang berangkat. Kami dukung, dan berharap akan ada lagi jemaah calon haji dari daerah kami," ujarnya.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Medan Imam Mukhair mengatakan, rombongan Siti Naisah tiba di Asrama Haji Medan, Jalan AH Nasution sekitar pukul 08.30 WIB. Kloter 6 berasal dari Samosir, Toba Samosir, Medan, Pematangsiantar, dan Simalungun.

"Total jemaah calon haji kloter 6 berjumlah 388 orang," Imam menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini