Sukses

Jalan Dibantu Tongkat, Nenek Karwi Semangat Naik Haji

Calon haji tertua asal Kota Tegal bernama Karwi Karmad Dasmad yang berusia 88 tahun.

Liputan6.com, Tegal - Karwi Karmad Dasmad (88) merupakan salah satu jemaah calon haji yang akan menunaikan ibadah haji dengan ditemani dua anaknya, Ariyati dan Karnoto. Nenek 15 cucu itu termasuk anggota jemaah calon haji tertua dari Kota Tegal.

Nenek Karwi merupakan satu dari 349 jemaah calon haji yang hadir pada pelepasan jemaah calon haji Kota Tegal di Pendopo Ki Gede Sebayu di Komplek Balai Kota Tegal pada Selasa, 1 Agustus 2017.

Warga Kelurahan Maragdana tersebut mengaku perlu waktu enam tahun sejak memutuskan mendaftar haji pada 2011 lalu. Tekadnya bertamu ke Tanah Suci tak bisa ditahan lagi.

Di usia senjanya, Karwi, biasa ia dipanggil, menyambut gembira panggilan Allah SWT untuk menunaikan rukun Islam kelima. Meski berjalan dibantu tongkat, semangatnya tak pernah layu.

"Alhamdulillah, bersyukur kepada Allah," ucap Karwi singkat.

Nasib Karwi lebih beruntung daripada dua calon haji perempuan yang berusia jauh lebih muda darinya. Sijah binti Sarkum (69) dan Siti Sunarmi (66) terpaksa gagal berangkat karena tidak memenuhi syarat istihaah kesehatan haji berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 15 Tahun 2016.

Dengan begitu, total anggota jemaah calon haji Kota Tegal yang berangkat tahun ini hanya 349 orang, terdiri atas laki-laki 156 orang dan 193 perempuan. Anggota jemaah calon haji usia tertua 88 tahun atas nama Karwai Karmad Dasmad, sedangkan termuda usia 22 tahun atas nama Akbar Setiaji Bahroji.

"Ibadah haji tidak memandang usia," ucap Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal mengatakan jemaah calon haji yang berangkat pada 2017 masuk dalam kloter 55 yang akan menempati wilayah Jarwal dengan nomor Maktab 47 dan nomor rumah 1001.

"Jemaah calon haji akan diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan Sabtu (12/8/2017) malam dan bertolak ke Tanah Suci Senin (14/8/2017) dini hari," kata Farhan.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.