Sukses

Muda Ikut Perang Kemerdekaan, Tua Perang Lawan Penyakit

Tak hanya melawan sakit, seorang veteran di Jambi juga terimpit masalah ekonomi.

Liputan6.com, Jambi - Bulan Agustus telah tiba, artinya hari peringatan kemerdekaan Indonesia segera tiba. Selain upacara dan kegiatan lainnya, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia biasanya ditandai dengan penyerahan bantuan kepada para pejuang atau veteran perang kemerdekaan.

Salah satu veteran di Jambi yang menerima bantuan tersebut adalah Datuk Budin, warga Desa Ramin, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi. Bila dahulu Datuk Budin berperang melawan penjajah, kini di usia senjanya yakni 97 tahun, ia harus berperang melawan sakit.

Penyakit hipertensi yang menahun menyebabkan Datuk Budin hanya bisa duduk dan berbaring akibat lumpuh. Kondisi ini menyebabkan kondisi ekonomi keluarganya cukup memprihatinkan.

Anak pertama veteran perang itu mengalami keterbelakangan mental sejak usia 7 tahun. Sementara, anak keduanya sudah bekerja dan berkeluarga. Terakhir, si Bungsu baru saja lulus SMA dan terancam tak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

"Kami sudah mendengar kesulitan yang dihadapi Datuk Budin. Ia veteran yang gigih. Bapak Gubernur Zumi Zola juga sudah memberikan bantuan," ucap Bupati Muarojambi, Masnah Busro saat berkunjung ke rumah Datuk Budin, Selasa, 1 Agustus 2017.

Awalnya, Bupati Masnah Busro membujuk agar Datuk Budin dirawat di rumah sakit. Namun, pihak keluarga veteran itu masih bimbang dan meminta agar diberi bantuan saja.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Raflizar yang mewakili Gubernur Zumi Zola mengatakan, bantuan yang diberikan kepada Datuk Budin berupa kursi roda, tampon, dan layanan kesehatan rutin.

Kursi roda dibutuhkan Datuk Budin untuk memudahkan ia duduk dan bergerak, sehingga tidak melulu di kamarnya. Sementara, tampon khusus orang tua guna membantu sang veteran lebih mudah, praktis dan bersih saat buang air besar maupun kecil.

"Tadi dari Ibu Bupati Masnah Busro juga ada bantuan pembuatan sumur. Kita juga akan bantu pengobatan Datuk Budin," ujar Raflizar.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.