Sukses

Kisah Cinta Segitiga Harimau Benggala Banjarnegara

Dalam kisah cinta segitiga antara tiga ekor harimau Benggala itu, terselip kisah perkawinan sedarah.

Liputan6.com, Banjarnegara – Aji (10) tampak malas-malasan di siang terik itu. Ia lebih banyak menghabiskan waktu berjemur sepanjang siang, sembari tiduran ketimbang berenang untuk melatih otot-ototnya. Aji adalah harimau Benggala jantan itu di Banjarnegara.

Beberapa waktu lalu, pasangannya, Upi, betina berusia 6 tahun, dipisahkan dari kandang utama lantaran melahirkan seekor bayi betina imut, Lusi. Untuk menjaga keselamatannya, Upi dan Lusi ditempatkan di kandang khusus dan tak boleh bercampur dengan harimau lainnya.

Karena itulah, Aji kini tak sekandang lagi dengan pasangannya. Namun demikian, di kandang utama yang ditinggali Aji, ada pula betina lainnya, Larasati. Usianya sama dengan Aji, 10 tahun.

Larasati adalah harimau betina (bukan jantan seperti dalam pemberitaan sebelumnya-red) yang berasal dari Kebun Binatang Ragunan. Ia dipasangkan dengan Aji bersama dengan Upi. Boleh dibilang, antara Aji, Upi, dan Larasati terlibat cinta segitiga.

Namun, Aji terlihat lebih menyukai Upi. Kemungkinan, lantaran Upi dikenalnya sebagai anggota keluarga. Upi adalah adik seibu dengan Aji, tapi beda bapak. Keduanya adalah anak indukan bernama Anting.

Dari perkawinan Aji dan Upi, lahirlah Lusi. Bayi harimau nan imut yang kini belum diperbolehkan dilihat umum dan bikin penasaran. Boleh dibilang, Lusi adalah hasil perkawinan sedarah atau incest Aji dan Upi.

"Ya, memang masih bersaudara. Tetapi bersaudara hanya dari garis ibu. Sedangkan bapaknya beda. Bapaknya Upi namanya Edo. Kalau bapaknya Aji, saya tidak tahu. Dia lahir sewaktu saya belum bertugas di sini," ujar dokter hewan Taman Rekreasi Marga Satwa (TRMS) Serulingmas, Banjarnegara, Rumadi Anton, Selasa malam, 25 Juli 2017.

Adapun Larasati, kelihatannya adalah betina harimau Benggala yang pemalu. Larasati lebih banyak bersembunyi di guanya dan makan. Itu sebab bobotnya saat ini mencapai 180 kilogram atau sama dengan bobot Aji.

Padahal, bobot normal harimau Benggala betina adalah 150 kilogram. Selama hidupnya, Larasati belum pernah hamil. Karena itu, ada anggapan Larasati mandul.

"Padahal, belum tentu mandul. Bisa jadi karena obesitas, sehingga organ reproduksinya terganggu lemak," kata dia.

Itu makanya, kata Anton, tim dokter memulai program diet ketat untuk Larasati. Tim dokter berharap Larasati bisa hamil.

"Programnya nanti kita kurangi makanannya. Biasanya sehari dia makan 7 kilogram daging ayam. Kita akan kurangi bertahap jadi 5 kilogram," tuturnya.

Selain itu, Larasati juga berolahraga atau melakukan latihan mengurangi bobot tubuh. Setiap pagi dan sore, Larasati berenang dan berjalan-jalan di area kandang yang cukup luas.

"Ya di situ Larasati bisa berenang dan jalan-jalan. Kalau treatment lain, kita tidak bisa. Kalau mau diajak jalan-jalan keluar, terlalu berbahaya, soalnya bobotnya saja sudah 180 kilogram," kata Anton.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.