Kapal Tenggelam di Pulau Komodo, Bagaimana Nasib 4 Wisman?

Oleh Ola Keda pada 24 Jul 2017, 20:01 WIB
Diperbarui 26 Jul 2017, 19:13 WIB
Kapal tenggelam

Liputan6.com, Pulau Komodo - Kapal pengangkut wisatawan mancanegara (wisman) menuju Taman Nasional Komodo (TNK), Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali tenggelam, pada Minggu, 23 Juli 2017. Kapal tenggelam di perairan Taka Makassar dalam kawasan TNK.

Kapal bertonase 3 GT yang dinahkodai Bijes itu sedang membawa empat turis asing dari Malaysia, Inggris, dan Amerika Serikat. Rute perjalanan dari Seraya Kecil menuju Pulau Padar.

Kepala SAR Unit Labuan Bajo, Edy, mengatakan kapal wisata yang tenggelam itu mengangkut enam orang, Empat wisatawan asing, serta satu anak buah kapal (ABK) dan nakhoda. Keenamnya berhasil diselamatkan oleh Tim SAR Gabungan.

"Keenam orang dalam kapal itu langsung dibawa kembali Ke Labuan Bajo oleh Tim SAR Gabungan," ucap Edy kepada Liputan6.com, Senin (24/7/2017).

Dia mengatakan pula, berdasarkan pengakuan nakhoda, kapal tenggelam pada Minggu, 23 Juli 2017, sekitar pukul 07.00 Wita.

Setelah menerima laporan, empat anggota Tim Rescue (Penyelamat) Pos SAR Labuan Bajo menggunakan satu unit RIB 400 PK berangkat menuju lokasi kejadian. Tim penyelamat tiba di lokasi kejadian, mereka kemudian mengevakuasi para korban. Seluruh korban kapal tenggelam berhasil diselamatkan.

Mereka adalah Bijes (nakhoda), Rian (ABK), Marsita (turis Malaysia), Hary (warga Inggris), Jordan (wisatawan Amerika Serikat), dan Stela (turis Inggris). Selanjutnya, mereka dibawa ke Kota Labuan Bajo.

"Semua dalam keadaan aman. Apalagi saat bersamaan ada sejumlah kapal wisata yang membantu mengevakuasi wisman dalam kapal itu," kata Edy.

Kepala TNK, Sudiyono, membenarkan tenggelamnya kapal pengangkut wisman itu. Namun, ia tidak mengetahui nama kapal tenggelam tersebut. Yang pasti, kapal itu mesin 3 GT.

Menurut dia, kapal pengangkut wisatawan itu tenggelam di dekat Manta Point, sebuah spot yang bagus untuk diving atau penyelaman. Dia menduga, empat wisman itu kemungkinan mau menyelam di seputar Manta Point.

Kejadian kapal tenggelam itu bukan yang pertama. Sebelumnya, tepatnya pada 8 Juli 2017, Kapal Motor Warisan Komodo juga tenggelam di kawasan TNK.

Saksikan video menarik di bawah ini:

Live Streaming

Powered by