Sukses

Kelabui Abdi Dalem, Maling Gondol Mobil Permaisuri Raja Solo

Abdi dalem bahkan membukakan pintu bagi si maling saat akan membawa keluar mobil permaisuri Raja Solo dari garasi.

Liputan6.com, Solo - Maling nekat menyatroni tempat tinggal Raja Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo pada Senin dini hari, 3 Juli 2017. Mobil Pajero Sport milik permaisuri berhasil digondol maling dengan mengelabui abdi dalem.

Raibnya mobil Mitsubishi Pajero Sport berwarna merah milik permaisuri Kanjeng Ratu Pakubowono XIII diketahui oleh sopir pribadinya pada Senin pagi. Selanjutnya, sopir langsung melaporkan kasus hilangnya mobil sang ratu kepada petugas di Polsek Pasar Kliwon, Solo, pada Senin, 3 Juli 2017.

Kasat Reskrim Polresta Solo, Kompol Agus Puryadi, mengatakan berdasarkan hasil keterangan yang disampaikan pelapor, mobil milik permaisuri Raja Keraton Solo itu hilang pada Senin dini hari.

"Diperkirakan mobil Pajero Sport itu hilang pada Senin dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Terus paginya pelapor, yakni sopir pribadi permaisuri raja, laporan ke polsek," kata dia di Solo, Rabu malam, 5 Juli 2017.

Selanjutnya, Agus menceritakan mobil tersebut dicuri di dalam garasi yang terletak berdampingan dengan kediaman raja di Sasono Putro Komplek Keraton Solo. Pelaku diduga masuk melalui pintu masjid di timur pintu masuk Sasono Putro.

"Mobilnya itu dicuri langsung di dalam garasi, tidak di luar," kata dia.

Bahkan, saat mobil dibawa keluar dari garasi oleh pencuri, para abdi dalem yang menjaga pintu gerbang juga membukakan pintunya karena mengira yang ada di dalam mobil keluarga raja.

"Sewaktu akan keluar, pencuri yang membawa mobil itu membunyikan klakson sebanyak tiga kali, kemudian yang jaga pintu gerbang langsung membukakan pintu dan mobil keluar," ujarnya.

Agus menambahkan, pencuri mobil milik sang ratu ini juga mematikan kamera CCTV yang terpasang di sekitar garasi. "Pencuri mematikan kamera CCTV dengan melepas power supply CCTV tersebut," kata dia.

Untuk mengungkapkan siapa maling mobil milik sang permaisuri, Agus mengatakan pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan. Bahkan, sejumlah saksi sudah dipanggil dan diperiksa untuk dimintai keterangan.

"Ada empat saksi yang sudah diperiksa serta pelapor untuk proses penyelidikan kasus pencurian mobil tersebut," kata Agus.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.