Tips Sehat Perjalanan Lebaran Bawa Anak dari RSHS Bandung

Oleh Arie Nugraha pada 30 Jun 2017, 22:20 WIB
Diperbarui 30 Jun 2017, 22:20 WIB
Tips Sehat Perjalanan Lebaran Bawa Anak dari RSHS Bandung
Perbesar
Ilustrasi arus mudik. (via: istimewa)

Liputan6.com, Bandung - Pada masa liburan Lebaran 2017 banyak warga melakukan perjalanan untuk mudik ke kampung halaman atau silaturahmi ke saudara atau teman. Biasanya, usai melakukan perjalanan itu disambung dengan berwisata bersama keluarga.

Namun, saat melakukan berbagai perjalanan masa liburan Lebaran itu, perlu diingat agar tidak lupa mengkonsumsi cairan dalam jumlah ideal. Hal itu khususnya bagi anak-anak dan bayi yang ikut dibawa berlibur.

Menurut dokter spesialis anak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Viramita Kusnandi Rusmil, jadwal cairan yang harus dikonsumsi anak dan bayi selama perjalanan yaitu satu jam sekali.

"Terutama bagi yang membawa keluarga dengan sepeda motor, lebih baik melakukan berisitirahat dahulu barang satu jam saja," kata Viramita Kusnandi Rusmil kepada Liputan6.com, di Bandung, Rabu, 28 Juni 2017.

Dia menegaskan pentingnya asupan cairan bagi keluarga yang berlibur menggunakan sepeda motor, karena moda transportasi pribadi itu akan menguras dengan cepat stamina. Kondisi cuaca juga ikut mendukung kebutuhan tubuh dalam memerlukan cairan.

Hal serupa juga diberlakukan bagi keluarga yang melakukan perjalanan libur Lebaran 2017 dengan menggunakan kendaraan roda empat. Meski tidak terlalu terpapar oleh kondisi cuaca, namun harus tetap diperhatikan sehingga tidak berdampak menjadi penyakit.

"Jangan lupa juga membawa obat-obatan standar seperti penurun panas, diare serta vitamin saat melakukan perjalanan," ujar Viramitha.

Kondisi kesehatan menjadi salah satu prioritas pada saat masa libur Lebaran 2017, terutama bagi bayi dan anak yang dibawa dalam perjalanan.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini: