Aksi Polwan Cantik Bersepatu Roda Saat Wisata Lebaran di Bengkulu

Oleh Yuliardi Hardjo Putro pada 25 Jun 2017, 14:00 WIB
Diperbarui 25 Jun 2017, 14:00 WIB
Polwan Cantik Beraksi Amankan Libur Lebaran
Perbesar
Puluhan Polwan cantik bersepatu roda siap mengamankan objek wisata di Bengkulu saat puncak libur lebaran tahun 2017. (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo).

Liputan6.com, Bengkulu - Ada yang baru saat Anda berkesempatan mengunjungi objek wisata di Kota Bengkulu, selama libur Lebaran ](3001818 "") tahun ini. Jangan kaget, Anda akan bertemu kelompok polisi wanita (polwan) cantik yang berkeliling sambil memantau situasi keamanan.

Khusus di kawasan wisata Pantai Panjang, regu polwan bersepatu roda dari kesatuan Polda akan menyisir kawasan sepanjang jalan aspal di sisi pantai sepanjang 12 kilometer. Mereka juga diperkuat regu polwan bersepatu roda yang bertugas di Polres Kota Bengkulu.

Kasubbid Penerangan Masyarakat Polda Bengkulu Kompol Mulyadi mengatakan, keberadaan pasukan sepatu roda ini akan bergerak dinamis dengan jadwal patroli khusus. Mereka juga dibantu pasukan polisi pria bersepatu roda dan pasukan polisi pariwisata yang akan melakukan patroli menggunakan sepeda.

"Kesan ramah dan fleksibel kita munculkan dalam skema pengamanan objek wisata saat Lebaran," ujar Mulyadi di Bengkulu, belum lama ini.

Keberadaan polwan cantik bersepatu roda tidak hanya ada di Kota Bengkulu, seluruh jajaran polres di seluruh kabupaten di Provinsi Bengkulu juga membentuk pasukan sepatu roda. Mereka juga ditugaskan untuk memantau pengamanan di seluruh objek wisata di daerah.    

Puncak kepadatan pengunjung di objek wisata dalam Provinsi Bengkulu diprediksi akan dimulai pada H2 Lebaran atau 26 Juni 2017. Khusus Kota Bengkulu konsentrasi massa akan berada di kawasan wisata Pantai Panjang, kawasan Pantai Jakat, kawasan Benteng Marlborough yang terkoneksi dengan kawasan Pecinan, Tugu Pers, Tapak Paderi, dan Alun-alun View Tower.

Kepadatan kendaraan yang melintas di titik kumpul objek wisata itu lanjut Mulyadi berpotensi terjadi kemacetan. Kondisi ini harus diantisipasi, cara terbaik dengan memaksimalkan fungsi pengawasan dengan patroli pasukan polwan cantik.     

"Pengawasan kami lakukan secara ketat, apalagi masa libur lebaran lebih panjang dibanding tahun lalu," kata Kompol Mulyadi.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: