Sukses

Foto Macet Parah di Tol Fungsional Brebes - Gringsing Hoax

Foto hoax lainnya adalah tentang sebuah mobil yang terbalik berpelat Jakarta dan menyebutkan terjadi di Tol fungsional Brebes - Gringsing.

Liputan6.com, Brebes - Kabid Humas Polda Jateng Kombes Djarod Padakova menegaskan kabar kemacetan parah di Tol Brebes Timur hingga dua jam akibat banyaknya kecelakaan yang disebar melalui sejumlah foto adalah tidak benar alias hoax.

"Ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan foto, gambar, atau tulisan yang menyesatkan dan hoax," ucap Djarod kepada Liputan6.com saat ditemui di pintu Tol Brebes Timur, Selasa malam, 20 Juni 2017.

Sebelumnya, sebuah foto mobil Honda Freed warna silver berpelat nomor Jakarta terlihat terbalik di sungai kecil dekat sebuah jembatan besi, menyebutkan kecelakaan itu terjadi di jalan Tol Brebes - Gringsing.

Foto lainnya yang berseliweran lewat medsos adalah gambar kemacetan parah di Tol Brebes Timur pada Selasa pagi, 20 Juni 2017. "Lalin di ruas tol Brexit tak bergerak hampir dua jam," begitu tulisan pada keterangan foto itu.

Begitu juga foto terkait kecelakaan di ruas Tol Sewaka Pemalang. Djarod kembali menegaskan jika foto itu hoax.

"Kita sudah melakukan koordinasi dengan petugas di ruas tol Sewaka, tidak ada kecelakaan seperti yang ada di foto tersebut," ucapnya.

Ia menyatakan foto itu terbukti menyesatkan karena di jalan tol fungsional tidak terdapat parit seperti itu. Maka itu, Djarod yang juga Kepala Satgas Tol fungsional Brebes -Gringsing itu mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mempercayai dan menyebar info baik itu, berupa foto maupun tulisan, yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

Pria asal Solo itu juga menganjurkan masyarakat untuk mengikuti informasi yang berasal dari media terpercaya. Selain itu, banyak media sosial resmi dari Kepolisian yang terus mengabarkan kondisi terkini terkait Tol Trans Jawa itu.

"Kami imbau dipersilakan ikuti dan pantau kondisi tol lewat media sosial resmi dari Kepolisian seperti akun milik Polres Brebes, Polres Pemalang, Polres Tegal, Polres Pekalongan, Polres, Polres Batang ataupun Polda Jateng," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini