Sukses

Sebelum di Sukabumi, Gempa Bumi 'Mampir' Bandung

BPBD Jawa Barat mencatat terdapat 15 gempa bumi terjadi di wilayah Jawa Barat sepanjang Mei 2017.

Liputan6.com, Bandung - Sebanyak 16 daerah di Jawa Barat dilaporkan merasakan gempa bumi berkekuatan 6,3 Skala Richter di kedalaman 10 kilometer laut pada pukul 06.15 WIB yang berlokasi 179 kilometer Barat Daya Kota Sukabumi.

Menurut prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung, Yadi Hendarmin, daerah yang merasakan getaran lindu yang cukup kuat tersebut adalah kawasan Bandung Raya dan sebagian Jabodetabek.

"Berdasarkan laporan dari masyarakat yang kita terima adalah Kota Bandung, Lembang, Cisarua, Padalarang Kab. Bandung Barat, Pangalengan, Pelabuhan Ratu, Jakarta, Cianjur, Bogor, Samarang Garut, Banjar, Lebak Banten, Sawangan, Kota Bekasi, Depok dan Kabupaten Bekasi," kata Yadi kepada Liputan6.com, Senin (12/6/2017).

Yadi menjelaskan, meskipun berkekuatan relatif besar dan posisinya di laut, gempa tidak berpotensi terjadi gelombang tsunami. Ia juga menyatakan gempa bumi di Sukabumi itu tidak ada sangkut pautnya dengan kejadian gempa bumi di barat daya Bandung.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 2,9 Skala Richter terjadi sekitar pukul 04.15 WIB di Bandung pada hari yang sama dengan gempa Sukabumi. Sumber gempa diketahui terletak di kedalaman 172 kilometer di 14 kilometer barat daya Bandung.

"Itu berbeda karena sumber gempanya juga berbeda dan jaraknya berjauhan," ujar Yadi.

Hal serupa dikatakan juga oleh otoritas penanggulangan bencana Jawa Barat, BPBD, terhadap kejadian dua kejadian gempa bumi yang terjadi pagi hari tadi.

Berdasarkan keterangan dari staf Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Jawa Barat, Eko, gempa yang terjadi di Kabupaten Bandung berkekuatan kecil sehingga kecil kemungkinan dirasakan.

"Karena magnitudenya kecil dan berada pada kedalaman menengah, tidak akan dirasakan oleh seseorang dan hanya terekam oleh alat saja," ujar Eko.

Kejadian gempa bumi ini dalam kurun satu bulan terakhir sering terjadi di daerah Jawa Barat. Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Jawa Barat mencatat pada Mei 2017, lebih dari 15 kejadian gempa bumi terekam oleh BPBD Jawa Barat. Sebagian besar lokasi gempa bumi itu terjadi di daerah Priangan Timur seperti Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini