Sukses

Tak Ada Lubang di Jalan Lintas Sumatera Saat Mudik

Kondisi jalan lintas Sumatera sudah siap dilalui pemudik mulai H-10 lebaran

Liputan6.com, Jambi - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan jalur mudik di Sumatera sudah siap saat H-10 Idul Fitri. Kondisinya dijamin mulus tanpa lubang saat dilalui pemudik.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, Kementrian PUPR, Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, khusus di Sumatera tengah dilakukan perbaikan di sejumlah titik. Khususnya di jalan lintas timur (Jalintim) Sumatera. Mulai dari Lampung, Palembang (Sumatera Selatan), Jambi, Pekanbaru dan Medan (Sumatera Utara).

Sejumlah jalan rusak dan berlubang di Jalintim Sumatera tengah ditambal. Arie bahkan berjanji siap ditelpon kapanpun selama arus mudik lebaran. "Jika masih ada lubang hubungi saya," kata Arie Sabtu (3/6/2017).

Arie mengatakan, ia bersama tim baru saja mengecek kondisi di lapangan, salah satunya di Jambi. Hal itu dilakukan untuk memastikan proses perbaikan jalan sehingga jalur mudik tidak ada kendala. Dalam proses perbaikan itu ada dua tim yang diturunkan yakni tim sapu lubang dan tim penyempurnaan jalan.

3 Jalan Lintas Siap 

Lebih lanjut ia mengatakan, ada tiga jalan lintas di Sumatera yang siap digunakan untuk mudik pada H-10 lebaran. Di antaranya, jalan lintas timur Sumatera sepanjang 2.756 kilometer, jalan lintas tengah sepanjang 2.420 kilometer, dan jalan lintas barat sepanjang 2.490 kilometer.

Ia juga menyebut ada beberapa titik lokasi rawan macet dan longsor. Seperti di Provinsi Sumatera Utara ada 10 titik, Sumatera Selatan ada empat titik, Jambi tiga titik, Lampung empat titik dan Bengkulu ada dua titik.

Sementara Gubernur Jambi, Zumi Zola sebelumnya mengatakan, sudah menginstruksikan agar Dinas Pekerjaan Umum (PU) melakukan perbaikan jalan yang berstatus jalan provinsi. Ini untuk mengantisipasi arus mudik tahun ini.

"Untuk titik rawan longsor juga disiapkan alat berat yang sewaktu-waktu bisa digunakan," ucap Zola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini