Sukses

Kampung Suku Baduy Terbakar, BPBD Buka Posko Pengungsian

Kebakaran melanda perkampungan Baduy, 84 rumah terbakar.

Liputan6.com, Serang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten mendirikan posko pengungsian dan dapur umum bagi warga Baduy yang terkena kebakaran pada Selasa, 23 Mei 2017.

 "Pendirian posko, pengungsian dan logistik, kemudian pemenuhan kebutuhan dasar," kata Kepala BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi, saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya, Rabu (23/5/2017).

Dia mengatakan pihaknya telah memberikan pertolongan maksimal ke warga Suku Baduy. "Penanganan yang sudah kita lakukan, penyelamatan masyarakat secara maksimal," jelasnya.

Pada Selasa, 23 Mei 2017, sekitar pukul 18.30 WIB, kebakaran melanda perkampungan Suku Baduy Luar yang berlokasi di Kampung Babakan Cisaban II, Desa Jadi Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Lebak.

Berdasarkan data dari BPBD Lebak, rumah Suku Baduy yang terbakar berjumlah 84 unit yang dihuni 105 Kepala Keluarga (KK).

Agenda terbaru Suku Baduy yang menyita perhatian pada akhir April lalu. Mereka menjalankan ritual Seba Baduy. Sekitar dua ribu anggota suku Baduy Dalam dan Luar berkunjung ke pimpinan, bupati, dan gubernur guna memberikan hadiah berupa hasil alam yang telah ditanamnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.