Sukses

Ambil Cacing di Pangrango, Pedagang Asongan Terancam 10 Tahun Bui

Pedagang asongan itu didatangi 10 orang mengaku polisi hutan dan langsung menggeledah untuk mencari cacing yang diambil di Pangrango.

Liputan6.com, Cianjur - Gara-gara mencari dan mengambil cacing untuk obat di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangarango, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Didin (48) warga Kampung Rarahan, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, terancam hukuman 10 tahun penjara.

Ela Nurhayati (41), istri Didin, dilansir Antara, menyatakan sangat terkejut dengan aturan hukum yang akan memenjarakan suaminya selama 10 tahun, hanya karena mencari dan mengambil cacing di kawasan hutan yang tidak jauh dari kampung tempat tinggal mereka itu.

Pihak keluarga tidak menyangka Didin yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang asongan di Kebun Raya Cibodas itu, akan terjerat hukum karena disuruh mencari cacing dengan dalih untuk obat dan dibudidayakan.

Mendapati permintaan tersebut, Didin menyanggupi dan mencari cacing sonari yang tidak masuk dalam hewan dilindungi itu di kawasan taman nasional karena keberadaannya tidak di dalam tanah. Cacing itu ada di atas pepohonan, sehingga tidak sulit untuk mencarinya.

"Suami saya biasa berjualan jagung bakar dan kupluk penutup kepala di kebun raya, tapi ada yang menyuruh mencari cacing sonari katanya untuk obat. Merasa ingin membantu suami saya mencarikan cacing tersebut," kata Ela Nurhayati (41), di Cianjur, Selasa (9/5/2017).

Selang beberapa hari rumah mereka kedatangan 10 pria yang mencari Didin. Mereka mengaku petugas dari kehutanan didampingi aparat kepolisian.

Orang-orang itu langsung menggeledah di dalam dan di luar rumah. Ember berisi cacing sonari yang tersimpan di bagian belakang rumah dibawa sebagai barang bukti.

"Pada hari itu, suami saya langsung dibawa petugas tersebut, mereka bilang mau meminjam suami saya sebentar. Tapi, selang beberapa jam saya harus menandatangani surat penahanan. Suami saya ditahan di Polres Cianjur, sebagai tahanan titipan dari Petugas PPNS Gakkum Lingkungan Hidup dan Kehutanan," katanya.

Dalam surat tersebut suaminya dituduh sebagai perusak hutan dengan aktivitas mencari cacing, meskipun dia hanya mencari cacing untuk membantu warga yang membutuhkan untuk obat.

"Cacing sonari adanya di dalam kadaka, bukan di dalam tanah dan suami saya tidak merusak apapun dalam kawasan lindung," katanya.

Namun, penyidik tetap mengenakan Pasal 78 ayat (5) dan atau ayat (12) jo Pasal 50 ayat (3) huruf r dan huruf m, Undang-undang nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan.

"Ancaman hukuman katanya sampai 10 tahun penjara. Saya minta  ada keadilan untuk suami saya agar dapat segera dibebaskan karena dia tulang punggung keluarga," katanya.

Dia menjelaskan, sejak suaminya ditahan Ela terpaksa menjadi buruh serabutan mulai dari memberi makan ternak atau menjadi kuli cuci dari tetangga, untuk menghidupi dua orang anaknya.

"Kalau ada uang ya makan kalau tidak ada ngutang dulu ke tetangga. Kami orang tidak punya, hanya berharap suami saya dibebaskan," katanya.

Sementara itu, pihak Gakum Lingkungan Hidup dan Kehutanan tetap menilai jika Didin menyalahi aturan, meskipun pihak keluarga mengaku keberatan dengan penangkapan Didin yang hanya mencari cacing sonari untuk obat warga sekitar yang sakit.

Sementara Asep Khaerudin (35), Ketua RT setempat mengatakan warganya mengambil cacing sonari bukan untuk dikomersialkan tetapi untuk obat yang dipakai warga sekitar atau yang membutuhkan. Mencari cacing bukan mata pencarian warga sekitar, tetapi sering diminta untuk mencarikan untuk digunakan sebagai obat.

Cacing sonari berbeda dengan cacing kalung, di mana cacing sonari berada di permukaan tanah, sehingga tidak merusak alam apalagi sampai menebang pohon.

"Ini yang kami sayangkan, tudahan terhadap Didin terkesan dibuat-buat untuk menutupi kasus yang lebih besar yang tidak pernah diungkap pihak Gakkum. Kami akan membela agar warga kami segera dibebaskan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini