Sukses

Cara Pemkot Surabaya Tekan Angka Pengidap HIV

Dari tahun ke tahun jumlah pengidap HIV yang ada di Surabaya diklaim terus mengalami penurunan.

Liputan6.com, Surabaya - Keberadaan lokalisasi di Kota Surabaya kini tinggal cerita. Hal itu seiring upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur mengalihfungsikan kawasan tersebut sejak empat tahun lalu.

Meski lokalisasi kini tinggal nama, tetapi Pemkot Surabaya terus melakukan fungsi monitoring. Utamanya melakukan pemeriksaan HIV di kawasan eks lokalisasi tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Surabaya, Febria Rahmanita, mengatakan setelah lokalisasi Dolly ditutup pada pertengahan 2014 silam, menyusul lokalisasi Sememi dan Dupak Bangunsari, Pemkot Surabaya meningkatkan pemeriksaaan HIV kepada mereka yang terjaring di kawasan tersebut. Termasuk juga melakukan pemeriksaan kepada ibu hamil.

"Kami terus melakukan monitoring di kawasan eks lokalisasi. Termasuk melakukan penyuluhan di kelurahan dan juga tempat-tempat umum seperti terminal. Kami juga meningkatkan pemahaman kepada warga agar tidak ada stigma negatif dan diskriminasi terhadap pengidap HIV," tutur Kadinkes, Rabu 3 Mei 2017.

Menurutnya, dari tahun ke tahun jumlah pengidap HIV yang ada di Surabaya terus mengalami penurunan. Dari jumlah 335 pengidap HIV pada 2014, turun menjadi 933 orang pada 2015 dan kembali turun pada 2016 menjadi 923 orang.

Penurunan tersebut salah satunya karena adanya upaya Pemkot Surabaya memulangkan wanita tuna sosial (WTS) ke daerah asalnya. Karena memang, mayoritas pekerja seks komersil (PKS) itu berasal dari luar Surabaya.

Lalu, bila berdasarkan wilayah bekas lokalisasi, untuk wilayah eks lokalisasi Sememi yang dulunya ada 57 orang, kini menjadi lima orang. Lalu eks kawasan Dupak Bangunsari dari 68 orang menjadi empat orang. Serta di eks lokalisasi Dolly dari 110 menjadi 36 orang.

"Jumlah tersebut diketahui dari hasil pemeriksaan di Puskesmas dan juga hasil razia yang dilakukan Satpol PP di kawasan eks lokalisasi ataupun di kos-kos an yang awalnya positif narkoba kemudian kami tes HIV. Tidak semuanya merupakan WTS, ada juga ibu rumah tangga, karyawan, buruh kasar juga seniman," katanya.

Berdasarkan data tersebut, jumlah penyandang HIV di Surabaya memang terbilang masih cukup tinggi. Dan itu tidak lepas dari fakta banyaknya jumlah penduduk Surabaya serta semakin bertambahnya warga pendatang. Apalagi, dari hasil temuan, jumlah warga Surabaya dan luar Surabaya adalah satu berbanding 10.

"Semakin banyak penyandang HIV ditemukan, itu berarti surveillance (pengawasan) kita bagus. Dan yang terpenting adalah kami terus melakukan pendampingan dengan dipantau minum obatnya atau bisa kita rujuk ke rumah sakit," ucapnya.
 
Di Surabaya ada sembilan rumah sakit untuk melakukan pengobatan pengidap HIV. Di antaranya RSUD Soewandhie, RSUD Bakti Darma Husada (BDH), RSAL Rumah Sakit Bhayangkara dan RS Unair. Serta ada tujuh Puskesmas yakni Putat, Perak Timur, Sememi, Dupak, Jagir, Kedurus, dan Kedung Doro.

"Itu untuk pengobatan ARF (Anti Retrofarial). Kalau untuk pemeriksaan sudah bisa ke seluruh Puskesmas. Kami punya 63 Puskesmas dan kami punya data plus alamat penyandang HIV," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini