Sukses

Motor Terbakar Saat Konvoi Perayaan Kelulusan SMA

Insiden motor terbakar saat konvoi perayaan kelulusan SMA/SMK diabadikan seorang pemilik akun medsos melalui unggahan video.

Liputan6.com, Sukoharjo - Euforia kelulusan siswa SMA/SMK di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, diwarnai dengan konvoi sepeda motor lengkap dengan knalpot dilepas. Nahas, salah satu motor milik pelajar di Sukoharjo, justru terbakar saat mengikuti konvoi kelulusan.

Insiden motor terbakar saat merayakan kelulusan SMA/SMK dengan konvoi diabadikan pemilik akun Facebook, Ismant Dawn‎, melalui unggahan video. Video berjudul "Pit ra waras go kampanye lulusan kobong" itu hingga berita ini ditulis sudah 1.425 kali dibagikan di media sosial atau medsos.

Pemilik akun Facebook yang memiliki nama asli Ismanto menceritakan sepeda motor jenis RX King yang terbakar tersebut milik salah satu siswa yang mengenakan seragam baju putih dan celana abu-abu yang penuh coretan dengan cat semprot.

Saat itu rombongan konvoi lulusan siswa SMA /SMK terlihat cukup banyak berkumpul serta melintas di Taman Wijaya Kusuma, Sonorejo, Kabupaten Sukoharjo.

"Tadi itu jumlahnya cukup banyak baik yang iring-iringan konvoi yang melintas ataupun sekadar nongkrong-nongkrong di kawasan taman Ini," kata dia kepada Liputan6.com, Selasa (2/5/2017).

Ismanto menuturkan setelah selesai nongkrong, pemilik motor RX King tersebut langsung naik dan akan meninggalkan taman. Hanya saja ketika mesin dihidupkan muncul percikan api di bagian kaburator. Kemudian, api dengan cepat langsung menyambar bagian tangki, sehingga terbakar.

"Kelihatannya karburator tangkinya bocor terus terbakar. Apinya itu langsung merembet ke tangki dan sempat meledak," tutur dia.

Begitu api membesar, kata Ismanto, siswa pemilik motor pun terlihat bingung dan kalang kabut. Ia mencoba berusaha memadamkan kobaran api yang membakar bagian tangki motornya dengan menggunakan baju seragam yang dibasahi air.

"Siswa itu memadamkannya hanya dengan mencopot baju seragam yang dibasahinya," kata Ismanto yang memiliki bengkel dengan nama Isman di sekitar Taman Wijaya Kusuma itu.

Setelah api berhasil padam, kondisi motor terlihat separuh terbakar. Tak hanya itu, kabel-kabel dan jok ikut terbakar. "Kalau motornya sudah dibawa pulang oleh pemiliknya. Tapi untuk tangkinya yang sempat terlepas saat terbakar masih tertinggal di bengkel," ia membeberkan.

Ismanto tidak mengetahui secara pasti asal sekolah siswa yang merayakan kelulusan SMA/SMK tersebut. Sebab, antara seragam celana abu-abu dan keterangan sekolah di seragam bajunya berbeda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.