Sukses

Seba Baduy hingga Napak Tilas Krakatau Semarakkan Wisata Banten

Satu di antaranya Seba Baduy yang akan berlangsung sejak 28-30 April 2017.

Liputan6.com, Cilegon - Pekan depan bakal menjadi hari padat agenda wisata di Provinsi Banten, misalnya Seba Baduy yang akan berlangsung sejak 28-30 April 2017. Suku Baduy Luar dan Dalam akan berkunjung ke Ibu Gede, sebutan bagi Bupati Lebak yang di jabatan oleh Iti Oktavia Jayabaya.

Setelah itu, Suku Baduy melanjutkan perjalanan ke Abah Gede, sebutan bagi Gubernur Banten yang kini dijabat oleh Mata Irawan sebagai pejabat sementara, pada 29-30 April 2017.

Suku Baduy Dalam akan berjalan kaki dengan pakaian serba putih. Sedangkan Baduy Luar berangkat menggunakan kendaraan roda empat dengan pakaian serba hitam sembari membawa hasil alam untuk diberikan kepada Ibu Gede dan Bapak Gede.

"Masuknya Seba Gede (besar). Perjalanan dari Kanekes ke Pendopo Lebak, terus berangkat dari Lebak menuju pendopo Gubernur Banten untuk bertemu Abah Gede," ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten Eneng Nurcahyati, Sabtu, 22 April 2017.

Sebelum ke Pendopo Gubernur, imbuh dia, Suku Baduy akan transit atau beristirahat dulu di GOR Stadion Maulana Yusuf.

"Jadi siapa saja boleh mengambil gambar, tapi jangn ada di depan barisan Baduy, karena memang aturan dari Baduy nya seperti itu," ujar Eneng.

Selanjutnya pada 30 April 2017 sejak pukul 12.30-21.00 WIB akan digelar napak tilas ke Gunung Krakatau yang pernah mengguncang dunia dengan letusannya di tahun 1888. Napak tilas ke Gunung Krakatau diprediksi akan diikuti 1.500 orang dari berbagai daerah di Indonesia, menggunakan salah satu kapal dari PT ASDP Ferry Indonesia.

"Rutenya dari Pelabuhan Merak, ke Pulau Krakatau masuk ke dalam, terus mutar di luarnya Krakatau," tutur Eneng.

Setelah itu, rombongan menuju Mercusuar Titik Nol.

"Lampu mercusuarnya kan itu bagus terus melipir ke pinggirannya, berlayar sepanjang bibir pantai, itu lihat lampu-lampu industrinya bagus itu," kata Fredy Indradi selaku Ketua Pengurus Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Cilegon, Sabtu, 22 April 2017.

Ia menjelaskan, PHRI berupaya membantu program pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menargetkan kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 20 juta orang ke Indonesia.

"Kita harapkan nanti para pengunjung foto selfie, terus masang di medsosnya, bisa jadi viral," ucap dia.

Agenda wisata Banten dan budaya lainnya di Kota Cilegon, yakni Festival Golok Tradisional Banten pada 29-30 April 2017. Sementara pada 29 April 2017 ada Festival Etnic Carnaval dan Silaturahmi Pendekar Nusantara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.