Sukses

Gadis Maccini Siap Bereskan Masalah Sampah Makassar

Bank sampah ini merupakan upaya dalam mengampanyekan gerakan jangan buang sampah di Kota Makassar.

Liputan6.com, Makassar - Pengelolaan sampah dengan baik kembali digenjot Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Wali Kota Makassar, Moh Romdhan Pomanto kembali meresmikan bank sampah untuk mewujudkan pengelolaan sampah tersebut.

Tapi kali ini namanya unik dan lain dari pada yang lain. Bank sampah itu diberi nama Gadis Maccini.

"Bank sampah Gadis Maccini namanya. Gadis diambil dari singkatan Gabungan Dinas-dinas," kata Danny, sapaan akrab Wali Kota Makassar, Kamis (30/3/2017).

Bank sampah Gadis Maccini tersebut, kata Danny, akan ditempatkan di kantor Gabungan Dinas-dinas. Selain itu, bank sampah ini juga akan disertai dengan aplikasi yang dinamakan Tangkasarong yang juga diresmikan bersama Gadis Maccini.

"Tangkasarong berasal dari Bahasa Makassar yang berarti bersih dulu," ucap Danny.

Pembentukan bank sampah Gadis Maccini yang disertai aplikasi tangkasarong menjadi salah satu kegiatan untuk memperkuat program Pemerintah Kota Makassar Tidak Rantasa (MTR). Apalagi bank sampah yang sudah lebih dulu dibentuk telah menjadi percontohan skala nasional.

"Bank Sampah ini sangat bagus dan sangat mendukung sekali program pemerintah kota secara khusus dan pada umumnya sinkron dengan program pemerintah pusat," ucap Danny.

Wali Kota yang punya latar sebagai arsitek itu menambahkan, apa yang dilakukan ini merupakan upaya dalam mengampanyekan gerakan jangan buang sampah di Kota Makassar.

"Mari maksimalkan program MTR ini agar Makassar menjadi kota percontohan dan warga pun dapat hidup bersih," harap Danny.

Dalam acara peresmian dan launching program bank sampah Gadis Maccini beserta aplikasi Tangkasarong tersebut turut dihadiri oleh beberapa Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Makassar dan beberapa camat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini