Sukses

Mahasiswa Universitas Sriwijaya Kejar 7 Puncak Dunia

Carstensz Pyramid yang berada di Provinsi Papua menjadi salah satu puncak gunung tertinggi di dunia yang akan didaki.

Liputan6.com, Palembang Di tengah hebohnya kasus meninggalnya mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) dalam mengikuti pelatihan organisasi di kampus, organisasi mahasiswa Unsri lainnya, yakni organisasi mahasiswa pecinta alam (mapala) tengah berupaya menorehkan prestasi yang membanggakan. Mereka mencoba menaklukkan tujuh puncak dunia atau seven summits.

Prestasi itu yang akan coba ditorehkan oleh tiga mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Pecinta Alam (Mafesripala). Ketiga anggota Mafesripala tersebut adalah Dwi Kurniawan, Asdim Riveldi, dan Muhammad Razaq.

Upaya pertama mereka dimulai dengan mencoba menaklukan Carstensz Pyramid atau Puncak Jaya Gunung Jaya Wijaya di Papua. Dengan ketinggian 4.884 mdpl, Cartenz masuk ke dalam keluarga seven summits.

Ketua tim pendakian Dwi Kurniawan mengatakan, pendakian dimulai pada Senin, 27 Maret 2017. Para pendaki gunung ini juga sudah mempersiapkan fisik dan mental selama empat bulan sebelum pendakian.

"Kita sudah mempelajari karakter dan kondisi Gunung Jaya Wijaya seperti apa. Fisik juga dibutuhkan untuk melakukan pendakian ini," katanya kepada Liputan6.com.

Sebelumnya, ada beberapa seleksi ketat yang dilakukan panitia Mafesripala untuk mencari anggota mapala terbaik yang akan melakukan pendakian. Dari puluhan peserta, tiga orang anggota dinyatakan lulus dan siap untuk membawa bendera Mafesripala keatas puncak gunung es tersebut.

Mereka menargetkan akan melakukan pendakian selama 16 hari. Dalam pendakian ini, ketiga mahasiswa pecinta alam ini membawa misi mensosialisasikan Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai tuan rumah Asian Games 2018 dan pengenalan Unsri sebagai World Class University.

"Ini merupakan pendakian pertama kali yang dilakukan oleh anggota mapala di Sumsel," katanya.

Jika pendakian yang dilakukan berhasil, mereka akan melanjutkan pendakian enam gunung tertinggi lainnya, yaitu Gunung Kilimanjaro di Afrika, Gunung Aconcagua di Argentina, Gunung Vinson Massif di kawasan Samudra Antartika, Gunung Mckinley di Amerika Utara, Gunung Elbrus di Rusia, dan terakhir Gunung Everest di Nepal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini