Sukses

Pantai Pasir Putih Perawan di Pulau Harapan

Di pulau harapan, tanaman kaktus tumbuh di beberapa titik pantai.

Liputan6.com, Jeneponto - Di balik lahan tandusnya, ada sebuah pantai pasir putih indah yang masih perawan di Pulau Harapan, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Di hamparan pasir itu ditumbuhi berbagai pepohonan, seperti kaktus.

Nama asli Pulau Harapan adalah Pulau Libukang. Pulau itu dihuni 116 jiwa dari 68 kepala keluarga. Mereka menempati kawasan perawan itu di rumah panggung khas suku Bugis Makassar.

"Mata pencaharian warga pulau itu budidaya rumput laut dan beberapa di antaranya mendapatkan penghasilan dari hasil menyewakan rumah bagi pengunjung yang berekreasi di Pulau Harapan. Tapi, pengunjung masih kurang," kata Karaeng Caddi warga Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, kepada Liputan6.com, Rabu, 22 Maret 2017.

Keindahan pantai di pulau yang berada di Teluk Mallasoro itu, menurut Karca, panggilannya, merupakan salah satu kawasan wisata yang menjanjikan. Kawasan itu juga potensial mendatangkan pendapatan bagi warga yang biasa mengonsumsi daging kuda tersebut.

Di pulau harapan, tanaman kaktus tumbuh di beberapa titik pantai. (Liputan6.com/Eka Hakim)

"Pantainya masih perawan. Maksud saya belum banyak yang datang berkunjung meski panorama alamnya sangat indah," kata Karca.

Karena wisata belum bisa menjadi andalan, warga Pulau Harapan bertahan hidup dengan budidaya rumput laut. Warga juga memanfaatkan lahan tidur dengan menanam tanaman singkong dan berbagai sayuran lainnya sebagai penopang kebutuhan sehari-hari.

"Masyarakat pulau masih bergaya hidup sederhana dan sampai saat ini belum tersentuh penerangan dari listrik tapi masih memanfaatkan tradisi lama, yakni lampu botolan yang diisi dengan minyak tanah," ucap Karca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini