Sukses

Rekor Makan Cepat Bakso 2 Kilogram Belum Terpecahkan

Hingga saat ini, belum ada peserta lomba makan Bakso Monster seberat dua kilogram yang bisa menghabiskan dalam durasi 5 menit.

Liputan6.com, Palembang - Lomba makan cepat yang digelar Bakso Monster Bang Erwan di Palembang hingga saat ini masih membuat warga Palembang penasaran. Setiap harinya, ada saja beberapa warga yang mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba cepat makan bakso besar seberat dua kilogram ini.

Dari puluhan peserta lomba makan bakso yang berada di Jalan Sukabangun 2, Kecamatan Sukarame, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), belum ada yang bisa memecahkan rekor makan tercepat selama 5 menit.

Menurut Erwanda (27), pemilik usaha Bakso Monster Bang Erwan, batas waktu menghabiskan bakso dipatok hanya lima menit dengan hadiah uang tunai jutaan rupiah.

"Belum ada yang bisa menghabiskan selama lima menit. Ada yang tercepat selama 8,5 menit saja," ujar dia kepada Liputan6.com, di sela lomba makan cepat bakso, Senin, 20 Februari 2017.

Hadiah lomba makan cepat yang ditawarkan ini adalah uang tunai sebesar Rp 1,5 juta bagi yang bisa menghabiskan selama 5 menit.

Untuk durasi hingga 10 menit, bisa membawa pulang uang sebesar Rp 600.000, durasi 15 menit sebesar Rp 300.000, durasi 20 menit sebesar Rp 200.000.

Bagi yang hanya mampu menghabiskan bakso lewat dari 20 menit hingga sampai 45 menit, pemilik Bakso Monster memberikan baksonya secara cuma-cuma.

Namun, jika lewat dari 45 menit atau menyerah di tengah perlombaan, para peserta wajib membayar Bakso Monster seharga Rp 200.000. Hingga sekarang, banyak yang tidak bisa menghabiskan bakso hanya dalam waktu 1 Jam.

Pada lomba terakhir ini, ada dua sesi makan cepat yang digelar. Di sesi pertama, sebanyak 16 peserta yang ikut lomba harus membayar bakso karena tidak ada yang sanggup menghabiskan dalam waktu 45 menit.

Tidak hanya disajikan satu porsi bakso jumbo saja, namun para peserta terlihat tak sanggup menghabiskan beserta mie kuning dan mie bihunnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Promosi Lewat Lomba

Lomba makan cepat Bakso Monster diakuinya memang menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produknya. Ia memilih media sosial (medsos) Instagram dan cukup ampuh menjangkau seluruh kalangan.

"Bahkan banyak yang ikut karena tahu dari instagram Bakso Monster," kata dia.

Kegiatan ini sudah dimulai sejak awal Januari hingga 20 Febuari 2017. Setiap hari, ada saja yang datang untuk mengikuti tantangan ini, mulai dari dua orang hingga belasan peserta.

Di luar lomba makan, bakso yang dijualnya juga cukup laris. Dalam sehari, Bakso Monster Bang Erwan bisa menjual sekitar 300 porsi bakso beragam level.

Harga bakso yang ditawarkan sebenarnya cukup terjangkau, yaitu dari Rp 13.000 hingga Rp 65.000 mulai dari level 1 hingga level 4 dan bakso beranak. Namun untuk bakso level 5 dan level 6, dihargai cukup mahal yaitu Rp 125.000 dan Rp 200.000.

Harga bakso yang mahal, lanjut dia, sangat sesuai dengan bahan yang digunakan. Untuk bakso level 6 saja menghabiskan 1 kilogram daging sapi.

Selain padat daging, isi dari bakso ini juga cukup banyak, yaitu dua butir telur ayam dan 15 butir bakso kecil. "Untuk yang memesan bakso level 6 memang sangat jarang selain yang ikut lomba," ujar dia.

Mira (24), warga Kilometer 14, Kabupaten Banyuasin ni mengatakan, sudah dua kali dirinya ikut dalam lomba makan cepat Bakso Monster ini.

"Sama saja, tetap tidak bisa menghabiskan dalam waktu 1 jam, selalu saya bawa pulang. Tapi memang ini karena penasaran saja, jadi ikut lagi," ujar peserta wanita satu-satunya dalam lomba tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini