Sukses

Waspada, Pencuri Cukup 5 Menit Bongkar Jok Sepeda Motor

Pencuri spesialis jok sepeda motor biasanya sudah mengincar sejak lama.

Liputan6.com, Parepare - Banyak orang meninggalkan barang berharga semisal dompet di dalam jok sepeda motor saat ditinggal beraktivitas. Biasanya itu saat olah raga atau kegiatan lain yang tidak memungkinkan membawa barang berharganya.

Padahal keamanan barang berharga itu tak terjamin. Pencuri mudah sekali mengambil barang yang disimpan hanya dalam hitungan menit.

Aksi pencuri itu terlihat saat reka ulang di Parepare, Sulawesi Selatan. Pelakunya YD (27) spesialis pencurian barang dari dalam jok sepeda motor.

Dalam peragaan reka ulang yang berlangsung di halaman Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Kawasan Pelabuhan Nusantara (KPN) Kota Pare-Pare, YD terlihat hanya butuh waktu selama 5 menit untuk mengambil barang korbannya yang tersimpan di dalam sadel motor.

"Makanya dia ini memang spesialis. Dari cara kerjanya saja sangat cepat ,"kata Aiptu Benny Hasan, Kepala Unit (Kanit) Resmob Polres Pare-Pare, Sulsel, Minggu (12/2/2017).

Kata Benny, pelaku terakhir beraksi di kawasan parkir lapangan ternama yang dikenal dengan nama lapangan olahraga Andi Makkasau, di kota kelahiran mantan Presiden RI, BJ Habibie, itu.

YD sudah mengincar lebih awal motor korban. Setelah situasi dilihat aman, YD lalu beraksi dengan cepat membuka sadel motor korbannya dan mengambil seluruh barang dalam sadel motor tersebut.

Barang korban yang berhasil diambil YD di antaranya uang tunai senilai Rp 700.000, 2 unit handpone, serta surat-surat penting seperti SIM,NPWP,Kartu BPJS,STNK Motor, ATM BNI yang berisikan uang sebesar Rp 3.000.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.