Sukses

Ledakan Diduga Bom Terjadi di Halaman Rumah Warga Kuningan

Di lokasi ledakan diduga bom, polisi menemukan pipa yang ujungnya ada bekas pecah serta lilitan kabel berwarna hitam menempel.

Liputan6.com, Cirebon - Sebuah ledakan diduga bom terjadi di halaman rumah Sutri (54), warga Dusun 1 RT 01 RW 01, Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

"Lokasi ledakan berada di halaman rumah Pak Sutri, warga setempat," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus di Cirebon, Senin (6/2/2017).

Tim Penjinak Bom Satuan Brimob Polda Jabar menyelidiki ledakan yang terjadi pada Minggu malam, 5 Februari 2017.

Polisi menemukan sebuah pipa yang ujungnya ada bekas pecah serta lilitan kabel berwarna hitam menempel pada pipa tersebut.

Yusri menyampaikan, hasil pemeriksaan TKP dan penelitian oleh Tim Penjinak Bom Sat Brimob Polda Jabar terhadap material pipa besi itu, terdapat unsur belerang dan potasium dalam pipa tersebut. Selain itu, casing pipa dalam kondisi pecah. Polisi menduga material diledakkan dengan cara dibakar menggunakan sumbu.

"Untuk motif ledakan masih dilakukan pendalaman dan penyelidikan oleh tim gabungan dari Densus 88 Polri, Polda Jabar, dan Sat Reskrim Polres Kuningan dengan memeriksa saksi-saksi yang ada di sekitar TKP," kata Yusri.


Ledakan diduga bom di Kuningan, Jawa Barat
Saat ini, ucap Yusri, polisi masih mencari dan memeriksa pihak lain yang memiliki keterkaitan dengan peristiwa ledakan tersebut. Densus 88 Antiteror Polri juga sudah membawa sampel pipa besi untuk diuji serta memastikan apakah ada material lain yang atau tidak dalam pipa tersebut.

Yusri menjelaskan, pipa besi itu memiliki panjang 25 cm. Pada ujung pipa terdapat bekas pecah karena ledakan serta lilitan kabel berwarna hitam menempel pada pipa.

Sutri, pemilik rumah yang halamannya menjadi lokasi ledakan mengaku mendengar suara ledakan sangat keras sekali. Setelah dicari sumber ledakan ternyata tidak jauh dari rumahnya.

"Pas keluar rumah saya langsung melihat kepulan asap warna hitam di halaman rumah saya," ujar Sutri.

Sutri mengaku kaget dan tidak tahu penyebab terjadinya ledakan itu.

"Saya baru selesai salat Isya kemudian masuk rumah dan istirahat. Tiba-tiba ada ledakan," ucap Sutri.

Ledakan itu berada di kawasan padat penduduk Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Dari informasi yang berhasil dihimpun, suara ledakan terdengar sampai radius 100 meter.

Beruntung tidak ada korban jiwa dan kerusakan yang parah akibat kejadian ledakan diduga bom tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini