Sukses

Ingin Bangun Stadion Megah, Pemkot Ini 'Colek' Pemprov

Balikpapan paling tidak membutuhkan dana Rp 20 miliar guna pemasangan tribun penonton stadion berdaya tampung sekitar 40 ribu penonton.

Liputan6.com, Balikpapan - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur, meminta bantuan dana penuntasan pembangunan Stadion Batakan ke pemerintah provinsi setempat. Balikpapan paling tidak membutuhkan dana Rp 20 miliar guna pemasangan tribun penonton stadion berdaya tampung sekitar 40 ribu penonton ini.

"Tahun ini kita usulkan lagi minta bantuan provinsi. Mudah-mudahan dapat. Untuk penyelesaian jalan dan drainase butuh Rp 20 miliar," ucap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan Tara Alorante, Senin, 9 Januari 2017.

Tara menjelaskan, penyelesaian pembangunan stadion menjadi perhatian utama agar bisa dipergunakan pertengahan tahun ini. Namun demikian, Pemkot Balikpapan terkendala keterbatasan anggaran untuk pembangunan stadion.

Anggaran sebesar Rp 20 miliar hanya mencukupi guna pengadaan tribun penonton stadion. Selain itu, Pemkot Balikpapan masih harus dipusingkan permasalahan pembebasan lahan, rumput pertandingan hingga atap stadion.

"Anggaran stadion dialokasikan sebesar Rp 12 miliar tahun 2017 ini," ujar Tara.

Adapun Pejabat Pelaksana Komitmen (PPK) Stadion Balikpapan, Yusri Ramli mengungkapkan pengerjaan fisik stadion sudah mencapai tahap akhir, yakni 98,6 persen. Tahap akhir adalah penyelesaian rumput lapangan dan atap stadion pada akhir Januari ini.

"Tinggal pengerjaan rumput lapangan yang sudah sepertiga dan atap stadion yang tinggal di sisi pinggiran saja. Akhir Januari akan selesai," sebut dia.

Kendala yang dihadapi oleh pekerja adalah persoalan cuaca nanti diprediksi bisa turun hujan mantra pengasihan lapangan dan atap Stadion akan dihentikan sementara.

"Kendala masalah cuaca saja karena berbahaya bagi pekerja," ujar dia.

Stadion Parikesit kandang lama Persiba Balikpapan. (Liputan6.com/Abelda Gunawan)

Pemasangan kursi akan dilakukan di seluruh tribun yang ada. Pemasangan tribun penonton tergantung kemampuan keuangan daerah saat ini. "Dikontrak sekarang ini kursi memang tidak ada," tutur dia.

Di sekitar sisi lapangan Stadion Batakan, Balikpapan, akan dikelilingi drainase selebar tiga meter. Drainase terbuka saluran utama bagi lapangan hijau jika turun hujan. Drainase ini dibuat sebagai pembatas agar penonton tidak masuk lapangan saat pertandingan berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini