Sukses

Pertengahan Tahun, Main di Pantai Losari Bisa Nikmati Wifi Gratis

Ada sekitar 20 titik yang dipasangi WiFi gratis di sekitar Makassar.

Liputan6.com, Makassar - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) akan memasang WiFi gratis di 20 titik dalam wilayah Kota Makassar. Tempat pemasangan WiFi gratis yang dimaksud berada di fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Makassar, Ismail Hajiali, mengatakan pemasangan WiFi gratis di sejumlah titik tersebut perlahan sudah berjalan dan rencananya akan dinikmati tepat di pertengahan 2017.

"Semuanya itu demi memberikan kenyamanan kepada warga Makassar dalam mengakses informasi dengan mudah dan gratis," kata Ismail via telepon, Sabtu, 7 Januari 2017.

Ismail menjelaskan beberapa tempat yang lebih awal dipasangi WiFi gratis di antaranya di kawasan Pantai Losari, Lapangan Karebosi, Benteng Rotterdam, serta taman-taman kota. Selanjutnya, menyusul area publik lainnya seperti kawasan terminal, pelabuhan, serta kantor kelurahan dan kantor kecamatan.

"Pemasangan di 20 titik itu hanya bersifat permulaan, selanjutnya kemungkinan akan ditambah agar akses internet gratis dapat dinikmati di mana saja selama masih dalam wilayah Kota Makassar," kata Ismail.

Akses internet gratis sengaja diadakan, kata Ismail, guna mewujudkan Kota Makassar sebagai kota pintar yang dikenal dengan slogan sombere (ramah) dan smart city.

Tak hanya meluncurkan akses internet gratis, Diskominfo Makassar juga meluncurkan program pengaduan online, baik melalui laman maupun pesan singkat yang dikomunikasikan melalui pesan pendek.

"Pengaduan online yang telah di-launching sebelumnya diharapkan agar dimanfaatkan warga. Jadi, setiap keluhan, saran, dan kritik dari masyarakat bisa cepat diatasi. Setiap pengaduan akan bisa di-share langsung dengan dinas atau satuan kerja terkait," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.