Sukses

Macet Purwakarta Undang Satpol PP Cantik Turun ke Jalan

Aksi jalanan para Satpol PP cantik itu sempat diragukan pengendara yang terjebak macet di Purwakarta.

Liputan6.com, Purwakarta - Kemacetan parah hingga saat ini masih terjadi di sejumlah jalan arteri di Purwakarta, Jawa Barat terutama di jalur utama Purwakarta – Bandung. Kemacetan mulai terjadi di jalan penghubung begitu keluar sejumlah pintu Tol, mulai Tol Cikampek Utama di Cikopo, Tol Sadang, serta Tol Jatiluhur.

Ada yang menarik di tengah kemacetan, yaitu kehadiran para petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Purwakarta yang turun ke jalanan di tengah kemacetan. Mereka adalah ponggawa Satuan Praja wanita yang lebih dikenal sebagai Prajawati atau Satpol PP Cantik Purwakarta.

Mereka beraksi dengan menyapa dan menebar senyuman kepada para pengguna jalan di tengah kemacetan. Selain itu, gadis-gadis belia itu tak lupa menyebar makanan dan minuman.

Para srikandi penegak penegak Peraturan Daerah (Perda) itu pun tak canggung mengantar kata dan sapa agar para pengendara tak dibuat meradang dengan kemacetan.

"Senang saja bisa berbagi, bisa membantu yang sedang terjebak macet. Ya awalnya mereka canggung disangkanya bayar, padahal ini gratis dari kami," kata salah seorang Prajawati Wendy Permatasari, Kamis (5/1/2017).

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Masyarakat pada Satpol PP Purwakarta Aulia Pamungkas mengatakan, aksi bagi-bagi makanan di jalanan ini merupakan hari kedua dilakukan.

Hal itu, kata Aulia, dilakukan sebagai bentuk komitmen setiap Organisasi Perangkat Daerah sesuai instruksi Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi untuk membantu para pengguna jalan yang mengalami musibah kemacetan panjang tersebut.

"Kita bantu sebisa mungkin. Ini karena kemanusiaan saja, kasihan para pengguna jalan," ujar Aulia.
 
Selain dilakukan Satpol PP, aksi serupa juga dilakukan setiap organisasi pemerintah daerah (OPD) di Purwakarta. Di setiap tempat di jalur macet tersedia fasilitas untuk rehat, termasuk menyediakan makanan ringan,  air mineral, kopi panas hingga toilet, ambulans serta wifi gratis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.