Sukses

Sepasang Bayi Pemakan Serangga Langka Lahir di Taman Rimba Jambi

Gubernur Jambi Zumi Zola ditunggu menamai bayi pemakan serangga langka itu.

Liputan6.com, Jambi - Dua induk tapir (Tapirus indicus) di Kebun Binatang Taman Rimba Jambi melahirkan dua anak tapir sehingga saat ini koleksi satwa tapir di kebun binatang tersebut bertambah.

"Ada tambahan dua anak tapir yang baru lahir, satu jantan dan satu betina," kata Pelaksana Tugas Kepala UPTD Taman Rimba Jambi Endang di Jambi, dilansir Antara, Senin, 26 Desember 2016.

Adapun dua induk hewan pemakan serangga itu adalah Kasih dan Febby. Jenis satwa habibat asli asal Sumatera tersebut melahirkan masing-masing satu jantan dan satu betina.

"Setelah ditimbang oleh petugas paramedis, diketahui berat anak tapir itu mencapai 10 kg dan kondisi bayi tapir itu sehat," kata dia.

Kedua anak tapir yang baru dilahirkan itu saat ini masih dipisahkan dengan induknya dan sebelumnya telah dibuatkan kandang isolasi untuk menyusui.

"Kedua anak tapir itu belum dikasih nama. Kita berharap nanti Gubernur Jambi mau memberikan nama yang cocok untuk anak tapir itu, dan bisa kita promosikan ke luar," kata dia menjelaskan.

Saat ini, kata Endang, Kebun Binatang Taman Rimba Jambi mempunyai lima ekor tapir yang merupakan satwa endemik Sumatra pemakan daun dan buah-buahan.

Kebun Binatang Taman Rimba Jambi yang berlokasi persis di sebelah Bandara Jambi itu memiliki 400 koleksi jenis satwa langka.

Jenis satwa yang dikoleksi kebun binatang kebanggaan masyarakat Jambi tersebut diantaranya mulai unggas, mamalia dan reptil. "Yang paling banyak saat ini adalah satwa langka jenis unggas," kata Endang menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.